TAKHRIJ HADIS TENTANG
PEREMPUAN MENIKAHKAN DIRINYA SENDIRI
I.
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG MASALAH
Secara
umum seorang wanita menikah harus dengan
walinya.
Dari Aisyah berkata: Rasulullah bersabda: “seorang
wanita yang menikah tanpa izin walinya maka pernikahannya adalah bathiil,
batil, batil. Dan apabila mereka bersengketa maka pemerintah adalah wali bagi
wanita yang tidak memiliki wali”.
Dari abu musa al-Asy’ari berkata: Rasulullah bersabda: “Tidak sah pernikahan
kecuali dengan wali”. SHAHIH
Namun wali tidak boleh menghalangi seorang
janda yang sudah habis masa iddahnya, maka janganlah kamu (parawali)
menghalangi’ mereka kawin lagi dengan bakal suaminya, apabila telah terdapat
kerelaan di antara mereka dengan cara
yang ma’ruf (Q.S. 2:234).
Orang orang yang meninggal dunia di antaramu
dengan meninggalkan istri- istri
(hendaklah para istri itu) menangguhkan dirinya
(ber’iddah) empat bulan seuluh hari. Kemudian apabila telah habis iddahnya,
maka tiada dosa bagimu (para wali) membiarkan mereka berbuat terhadap diri
mereka menurut yang patut. Allah mengetahui apa yang kamu perbuat (Q.S.2:234).
Seandainya dari pihak wanita tidak mempunyai
wali ‘ashib (ahli waris) yaitu sama sekali tidak mempunyai wali atau wali yang
tidak mempunyai wali ‘ ashib, maka tak ada hak bagi seorang pun yang menghalang halangi aqad nikahnya, baik
ia kawin dengan pria sederajad atau tidak, dengan mahar mitsl atau kurang.
Sebab dalam keadaan demikian, seluruh urusan dirinya menjadi tanggung jawabnya
sendiri sepenuhnya. Seandainya tidak ada seorang wali yang merasa terkenal,
kerena perkawinannya dengan pria yang tidak sederajat dengan sendirinya mahar
mitslnya gugur, sebab ia sudah terlepas
dari wewenang wali- walinya.
B.
RUMUSAN
MASALAH
Berdasarkan latar belakang di atas
maka dapat dirumuskan beberapa persoalan berikut?
1. Dalam
kitab-kitab mana saja terdapat hadis-hadis yang memuat tentang perempuan
menikahkan dirinya sendiri?
2. Bagaimana
kualitas sanad dan matan hadis tentang perempuan menikahkan dirinya sendiri?
II.
PEMBAHASAN
(HADIS PEREMPUAN MENIKAHKAN
DIRINYA SENDIRI)
قال
رسول الله صلى الله عليه وسلم : لا تزوج المرأة المرأة , ولا تزوج المرأة نفسها ,
فإن الزانية هي التي تزوج نفسها . أخرجه ابن ماجه , والدارقطني والبيهقي
A.
TAKHRIJ HADIS
Secara leksikal takhrij
berarti keluar, nampak, jelas. Dalam hal ini, makna takhrij yang populer
digunakan ulama ialah al-istinbath (hal mengeluarkan), al-tadrib
(hal melatih), dan al-taujih (hal menghadapkan atau menjelaskan).[1]
Adapun takhrij menurut
terminologi ulama hadis adalah: 1. Menyebutkan hadis beserta sanadnya,
mendiskusikan keadaan sanad dan matannya seperti yang terdapat dalam kitab
Sunan Tirmizi dan Sunan Abu Dawud. 2. Menyebutkan jalur sanad lainnya untuk
memperkuat sanad hadis yang terdapat dalam suatu kitab. 3. Mengembalikan hadis
kepada kitab-kitab asalnya dengan menjelaskan kualitasnya.[2]
Yang penulis maksud dengan takhrij
hadis disini adalah mengeluarkan hadis dari sumber aslinya dengan mencantumkan
sanad dan matannya kemudian menjelaskan kualitas hadis tersebut.
Syuhudi Ismail menyebutkan sedikitnya
tiga hal yang menyebabkan pentingnya kegiatan takhrij dalam penelitian
hadis yaitu:
1. Untuk mengetahui
asal-usul hadis yang akan diteliti
2. Untuk mengetahui
seluruh riwayat bagi hadis yang akan diteliti
3. Untuk mengetahui
ada atau tidak adanya syahid dan mutabi’ pada sanad yang
diteliti.[3]
4. Ada 5 (lima)
metode yang ditawarkan ulama hadis dalam proses pelaksanaan takhrij
yakni berdasarkan kitab-kitab kumpulan hadis, lafal-lafal hadis, rawi pertama,
tematik dan ciri-ciri tertentu.[4]
Dalam pelaksanaan takhrij kali ini penulis menggunakan metode takhrij
melalui lafal-lafal hadis (takhrij bi al-fazh) dengan menggunakan kitab Mu’jam
Mufahras li Alfazh al-Hadis al-Nabawi, Kutub Tis’ah yang diambil
dari CD Maktabah Syamilah.
5.
Adapun potongan hadis yang menjadi objek kajian dalam penelitian ini
adalah:
ولا تزوج المرأة نفسها
Berdasarkan potongan hadis di atas maka penulis menelusuri
dalam kitab CD Maktabah Syamilah dengan menggunakan lafal kata kunci yakni kata
ولا تزوج
المرأة نفسها
Maktabah Syamilah
ولا تزوج
المرأة نفسها
جه : Ibnu Majah (Sunan
Ibnu Majah)
1.
Sunan Ibn Majah, kitab al-Nikah, no.
1956.
حَدَّثَنَا
جَمِيلُ بْنُ الْحَسَنِ الْعَتَكِىُّ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مَرْوَانَ
الْعُقَيْلِىُّ حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ حَسَّانَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سِيرِينَ
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « لاَ
تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ الْمَرْأَةَ وَلاَ تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ نَفْسَهَا فَإِنَّ
الزَّانِيَةَ هِىَ الَّتِى تُزَوِّجُ نَفْسَهَا
2.
Sunan
Ibn Majah, kitab al-Nikah, no. 1882.
حدثنا جميل بن
الحسن العتكي . حدثنا محمد بن مروان العتكي . حدثنا محمد بن مروان العقيلي . حدثنا
هشام بن حسان عن محمد بن سيرين عن أبي هريرة قال
: - قال رسول الله صلى الله عليه و سلم ( لا
تزوج المرأة المرأة . ولا تزوج المرأة نفسها . فإن الزانية هي التي تزوج نفسها )
في الزوائد في إسناده جميل بن الحسين العتكي .
قال فيه عبدان إنه فاسق يكذب يعني في كلامه . وقال ابن عدي لم أسمع أحدا تكلم فيه
غير عبدان إنه لا بأس به ولا أعلم له حديثا منكرا . وذكره ابن حبان في الثقات .
وقال يغرب . وأخرج له في صحيحه هو ابن خزيمة والحاكم . وقال مسلمة الأندلسي ثقة .
وباقي رجال الإسناد ثقات
[ ش ( فإن الزانية هي التي تزوج نفسها ) أي
مباشرة المرأة للعقد من شأن الزانية فلا ينبغي أن تتحقق المباشرة في النكاح الشرعي
] .
قال
الشيخ الألباني : صحيح دون جملة الزانية
Mu’jam Mufahras
جه : Ibnu Majah (Sunan
Ibnu Majah)
3.
Sunan
Ibn Majah, kitab al-Nikah, no. 1937.
حدّثنا جَمِيلُ بْنُ الْحَسَنِ
الْعَتَكِيُّ . حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مَرْوَانَ الْعُقَيْلِيُّ . حَدَّثَنَا
هِشَامُ بْنُ حَسَّانَ ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سِيرِينَ ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ،
قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ: «لاَ تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ الْمَرْأَةَ. وَلاَ
تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ نَفْسَهَا. فَإِنَّ الزَّانِيَةَ هِيَ الَّتِي تُزَوِّجُ
نَفْسَهَ.[5]
4.
Sunan
Ad-Daruqurtniy, didalam Kitab An-Nikah, no. 3535
نا
أَبُو طَلْحَةَ أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ الْكَرِيمِ الْفَزَارِيُّ
مِنْ كِتَابِهِ , نا جَمِيلُ بْنُ الْحَسَنِ أَبُو الْحَسَنِ الْجَهْضَمِيُّ , نا
مُحَمَّدُ بْنُ مَرْوَانَ الْعُقَيْلِيُّ , نا هِشَامُ بْنُ حَسَّانَ , عَنْ
مُحَمَّدٍ , عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ , قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «لَا تُزَوِّجُ
الْمَرْأَةُ الْمَرْأَةَ وَلَا تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ نَفْسَهَا فَإِنَّ
الزَّانِيَةَ هِيَ الَّتِي تُزَوِّجُ نَفْسَهَا»[6]
5.
Sunan
Ad-Daruqurtniy, didalam Kitab An-Nikah, no. 3536
نا
أَبُو بَكْرٍ الطَّلْحِيُّ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يَحْيَى بِالْكُوفَةِ , نا
مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الْمَسْرُوقِيُّ , نا عُبَيْدُ بْنُ يَعِيشَ , ح
وَنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَلِيِّ بْنِ الْحُسَيْنِ بْنِ عَلِيٍّ الْخَلَّالُ , نا
عَبْدُ الْكَرِيمِ بْنُ الْهَيْثَمِ , نا عُبَيْدُ بْنُ يَعِيشَ , نا عَبْدُ
الرَّحْمَنِ بْنُ مُحَمَّدٍ الْمُحَارِبِيُّ , عَنْ عَبْدِ السَّلَامِ بْنِ حَرْبٍ
, عَنْ هِشَامٍ , عَنِ ابْنِ سِيرِينَ , [ص:326]
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ , عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
قَالَ: «لَا تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ
الْمَرْأَةَ , وَلَا تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ نَفْسَهَا». وَكُنَّا نَقُولُ: إِنَّ
الَّتِي تُزَوِّجُ نَفْسَهَا هِيَ الْفَاجِرَةُ.[7]
6.
Sunan
Ad-Daruqurtniy, didalam Kitab An-Nikah, no. 3539
نا
مُحَمَّدُ بْنُ مَخْلَدٍ , نا أَحْمَدُ بْنُ مَنْصُورٍ زَاجٌ أنا النَّضْرُ بْنُ
شُمَيْلٍ , أنا هِشَامُ بْنُ حَسَّانَ , عَنِ ابْنِ سِيرِينَ , عَنْ أَبِي
هُرَيْرَةَ , قَالَ: «لَا تُزَوِّجُ
الْمَرْأَةُ الْمَرْأَةَ , وَلَا تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ نَفْسَهَا ,
وَالزَّانِيَةُ هِيَ الَّتِي تُنْكِحُ نَفْسَهَا بِغَيْرِ إِذَنْ وَلِيِّهَا»[8]
7.
Sunan
Al-Kubra Baihaqiy, didalam kitab La Nikahaha Illa bi Waliyyinno. 13632
أَخْبَرَنَا
أَبُو سَعِيدٍ عُثْمَانُ بْنُ عَبْدُوسِ بْنِ مَحْفُوظٍ الْفَقِيهُ، ثنا أَبُو
مُحَمَّدٍ يَحْيَى بْنُ مَنْصُورٍ الْقَاضِي، ثنا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، ثنا
مُسْلِمُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْجَرْمِيُّ، ثنا مَخْلَدُ بْنُ حُسَيْنٍ، عَنْ
هِشَامِ بْنِ حَسَّانَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سِيرِينَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ
رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:
" لَا تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ الْمَرْأَةَ، وَلَا تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ
نَفْسَهَا، إِنَّ الْبَغِيَّةَ الَّتِي تُزَوِّجُ نَفْسَهَا " قَالَ
الْحَسَنُ: وَسَأَلْتُ يَحْيَى بْنَ مَعِينٍ، عَنْ رِوَايَةِ مَخْلَدِ بْنِ
حُسَيْنٍ، عَنْ هِشَامِ بْنِ [ص:178]
حَسَّانَ، فَقَالَ: ثِقَةٌ، فَذَكَرْتُ لَهُ هَذَا الْحَدِيثَ قَالَ: نَعَمْ، قَدْ
كَانَ شَيْخٌ عِنْدَنَا يَرْفَعُهُ عَنْ مَخْلَدٍ قَالَ الشَّيْخُ: تَابَعَهُ
عَبْدُ السَّلَامِ بْنُ حَرْبٍ، وَمُحَمَّدُ بْنُ مَرْوَانَ الْعُقَيْلِيُّ، عَنْ
هِشَامٍ[9]
8.
Sunan
Al-Kubra Baihaqiy, didalam kitab La Nikahaha Illa bi Waliyyinno.13634
أَخْبَرَنَا
أَبُو عَبْدِ اللهِ الْحَافِظُ، ثنا أَبُو عَلِيٍّ حُسَيْنُ بْنُ عَلِيٍّ
الْحَافِظُ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ بْنِ خُزَيْمَةَ، نا جَمِيلُ بْنُ
الْحَسَنِ الْجَهْضَمِيُّ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ مَرْوَانَ الْعُقَيْلِيُّ، ثنا
هِشَامُ بْنُ حَسَّانَ، عَنْ مُحَمَّدٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ
عَنْهُ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: "
لَا تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ الْمَرْأَةَ، وَلَا تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ نَفْسَهَا،
فَإِنَّ الزَّانِيَةَ هِيَ الَّتِي تُزَوِّجُ نَفْسَهَا"[10]
9.
Sunan
Al-Kubra Baihaqiy, didalam kitab La Nikahaha Illa bi Waliyyinno.13635
أَخْبَرَنَا
أَبُو عَبْدِ اللهِ الْحَافِظُ، وَأَبُو عَبْدِ اللهِ إِسْحَاقُ بْنُ مُحَمَّدِ
بْنِ يُوسُفَ السُّوسِيُّ، وَأَبُو بَكْرٍ أَحْمَدُ بْنُ الْحَسَنِ الْقَاضِي،
وَأَبُو سَعِيدِ بْنُ أَبِي عَمْرٍو، وَأَبُو صَادِقِ بْنُ أَبِي الْفَوَارِسِ
قَالُوا: ثنا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوبَ، ثنا بَحْرُ بْنُ
نَصْرٍ، ثنا بِشْرُ بْنُ بَكْرٍ، أنبأ الْأَوْزَاعِيُّ، عَنِ ابْنِ سِيرِينَ، عَنْ
أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: " لَا تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ
الْمَرْأَةَ، وَلَا تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ نَفْسَهَا، فَإِنَّ الزَّانِيَةَ هِيَ
الَّتِي تُزَوِّجُ نَفْسَهَا " هَذَا مَوْقُوفٌ، وَكَذَلِكَ قَالَهُ ابْنُ
عُيَيْنَةَ، عَنْ هِشَامِ بْنِ حَسَّانَ، عَنِ ابْنِ سِيرِينَ، وَعَبْدُ
السَّلَامِ بْنُ حَرْبٍ قَدْ مَيَّزَ الْمُسْنَدَ مِنَ الْمَوْقُوفِ، فَيُشْبِهُ
أَنْ يَكُونَ قَدْ حَفِظَهُ، وَاللهُ تَعَالَى أَعْلَمُ[11]
B. I’TIBAR HADIS
Setelah dilakukan takhrij
hadisdengan menggunakan tiga sumber pelacakan hadis maka langkah berikutnya
adalah melakukan i’tibar yakni meneliti semua jalur hadis yang memiliki
teks yang sama (bi al-lafzi) maupun maknanya serupa (bi al-ma’na)
untuk melihat ada tidaknya pendukung (corraboration) berupa periwayat
yang berstatus syahid (pendukung pada tingkat sahabat) atau mutabi’
(pendukung bukan dari sahabat) atau hadis tersebut menyendiri (fard).[12]
Dengan ditemukannya jalur periwayat
lain baik yang berstatus sebagai syahid maupun mutabi’ akan
semakin menguatkan kedudukan hadis tersebut. Apabila jalur periwayat yang
semula berstatus dhaif, misalnya, maka derajatnya dapat naik menjadi
hasan li ghairihi atau apabila jalur sanadnya yang semula berstatus
hasan, dengan adanya syahid atau mutabi’ maka hadis tersebut
dapat naik statusnya menjadi hadis shahih li ghairihi.[13]
Karenanya, i’tibar mesti dilakukan untuk mengetahui tingkat akurasi
periwayatan hadis.
Dalam hal ini, untuk lebih merepresentasikan hadis
Nabi berkenaan dengan tata cara dan kebiasaan makan beliau maka semua jalur
sanad hadisdijadikan bahan i’tibar. Berikut adalah skema i’tibaryang
dimaksud.
ابن ماجه و 275
|
محمد صلى
الله عليه وسلم
|
ابو هريرةو 57
|
هشام بن حسانو 147
|
محمد بن مروان
|
جميل بن حسن
|
أحمد بن منصور
|
عبد السلام بن حرب و 187
|
عبد الرحمن بن
محمد المحاربو 195
|
عبيد بن يعيش
|
عبد الكريم بن هشم
|
عبد الله بن على
|
عبيد بن يعيش
|
محمد بن عبدالله المشرق
|
أبو بكر الطلحى عبدالله بن يحي
|
دارقطنى
|
محمد بن مخلد
|
مخلد بن حسين و 191
|
مسلم بن عبدالرحمن
|
حسن بن سفيان
|
ابو محمد يحي بن منصور
|
ابو سعيد عثمان بن عبدوس
|
محمد بن اسحاق
|
ابو على حسن بن على الحافظ
|
ابو عبدالله الحافظ
|
الأوزعى
|
بشر بن بكر
|
بحر بن نصر
|
ابو عباس محمد بن يعقوب
|
ابو صادق بن ابن ابى الفوارس
|
ابو طلحه احمد بن محمد
|
ابو سعيد بن عمر
|
ابو بكر احمد بن حسن
|
ابو عبدالله اسحاق بن محمد
|
بيهقى
|
محمد بن سرينو 110
|
Kuning: Thabaqat Pertama
Orange : Thabaqat Ketiga
Hijau : Thabaqat Keenam
Merah : Thabaqat Kedelapan
Biru : Thabaqat Kesembilan
Ungu : Thabaqat Kesepuluh
|
وو
|
وو
|
وو
|
ثنا
|
ثنا
|
ثنا
|
أنبأ
|
عن
|
عن
|
عن
|
ثنا
|
ثنا
|
عن
|
ثنا
|
ثنا
|
ثنا
|
ثنا
|
أخبرنا
|
أخبرنا
|
أخبرنا
|
ثنا
|
ثنا
|
نا
|
نا
|
نا
|
نا
|
نا
|
نا
|
نا
|
نا
|
نا
|
نا
|
نا
|
عن
|
عن
|
أنا
|
حدثنا
|
حدثنا/نا
|
حدثنا/نا
|
Berdasarkan skema jalur sanad hadis
diatas dapat disimpulkan:
1. Setelah
memperhatikan skema jalur sanad, secara menyeluruh mengamati seluruh rangkaian
dari sanad hadis pada i’tibar di atas, diketahui bahwa tidak terdapat
jalur periwayatan yang berkedudukan sebagai syahid sebab pada perawi
sahabat hanya ditemukan seorang perawi pada semua jalur sanad yakni Abu
Hurairah.
2. Para periwayat
dari jalur sanad Ad-Daruqutniy dan Al-Baihaqiy, kebanyakan sebagian besar
perawinya sulit ditemukan riwayat hidupnya atau tidak ditemukan biografi
singkatnya didalam kitab-kitab, seperti kitab tahdzib at-tahdzib, taqrib at-tahdzib,
tahdzib al-kamal fi al-asma fi ar-rijal, dll. Kecuali jalur sanad dari Ibnu
Majah, riwayat hidup para perawinya jelas dan saling berhubungan antara guru
dengan murid sampai kepada Rasulullah.
Adapun lambang yang digunakan dalam
seluruh jalur periwayatan adalah عن, حدثنا, نا, أخبرنا, ثنا، أنا،
أنبأنا.
. KRITIK SANAD
DAN MATAN HADIS
Dalam penelitian ini, jalur hadis
yang akan diteliti adalah jalur riwayat Ibnu Majah dari Jamil bin Hasan al-Atkiy.
Jalur periwayatan Ibnu
Majah berbunyi:
حدّثنا
جَمِيلُ بْنُ الْحَسَنِ الْعَتَكِيُّ . حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مَرْوَانَ
الْعُقَيْلِيُّ . حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ حَسَّانَ ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ
سِيرِينَ ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ: «لاَ تُزَوِّجُ
الْمَرْأَةُ الْمَرْأَةَ. وَلاَ تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ نَفْسَهَا. فَإِنَّ
الزَّانِيَةَ هِيَ الَّتِي تُزَوِّجُ نَفْسَهَ.[14]
Diriwayatkan dari Jamil bin Hasan al-Atkiy,
menceritakan kepada kami Muhammad bin Marwan al-Uqailiy, menceritakan kepada
kami Hisyam bin Hassan, dari Muhammad bin Sirin, dari Abu Hurairah mengatakan:
Rasulullah saw berkata: Seorang wanita tidak boleh menikahkan wanita lainnya. Seorang wanita juga
tidak berhak menikahkan dirinya sendiri. Sebab, sesungguhnya wanita penzina itu
adalah (seorang wanita) yang menikahkan dirinya sendiri”.
1. Kritik Sanad
Dalam kaedah kesahihan hadis
dinyatakan bahwa syarat hadis yang dinilai shahih apabila memenuhi lima
kriteria[15] yakni:
- Apabila sanad hadis tersebut bersambung mulai dari mukharrijnya sampai kepada Nabi.
- Seluruh perawi pada jalur sanad tersebut bersifat adil
- Seluruh perawi bersifat dhabit
- Tidak terdapat syadz
- Tidak terdapat ‘illah
Dengan kriteria diatas dapat dinilai
tingkat kualitas suatu hadis. Apabila suatu hadis memenuhi semua kriteria
tersebut maka ia dinilai shahih namun bila salah satu kriteria tidak terpenuhi
maka akan dinilai dhaif. Tiga kriteria pertama berkenaan secara dengan
kritik sanad sedang dua kriteria terakhir berkaitan dengan sanad dan matan. Untuk
mengetahui kualitas persambungan sanad dan ke’adilan serta kedhabitan
para perawinya dilakukan penelitian tentang biografi perawi. Adapun jalur
periwayatan sanad yang hendak penulis teliti dalam penelitian ini hanya
mengangkat jalur sanad dari Ibnu Majah, karena kejelasan biografi masing-masing
perawinya yang lengkap. Sedangkan jalur sanad dari Baihaqiy dan Daruqutniy,
setelah ditelusuri diberbagai macam kitab kumpulan biografi riwayat hidup
perawi hadits tidak juga ditemukan riwayat hidup perawinya. Berikut akan dipaparkan mengenai biografi perawi hadis
yang menjadi fokus penelitian.
a. Biografi para
Perawi Hadis
Dalam menilai kualitas ketersambungan
sanad hadis mulai dari perawi awal sampai pada mukharrijhadis, ulama
mengandalkan kitab-kitab biografi perawi hadis. Ketersambungan sanad dapat
ditentukan melalui tahun lahir dan wafat seorang perawi, tempat tinggalnya,
perjalanannya dalam menuntut ilmu dan yang penting juga adalah hubungan guru
dan murid antar perawi hadis. Sedang keadilan dan kedhabitan
perawi didapat dari informasi penulis kitab biografi perawi tentang sifat,
sikap dan kemampuan daya ingatnya selama meriwayatkan hadis.
Untuk kesempurnaan biodata para
perawi hadis, penulis berusaha menggabungkan data biografi perawi dari
kitab-kitab rijal hadis dengan informasi yang diambil dari kitab tahdzib at-tahdzib,
taqrib at-tahdzib, dan tahdzib al-kamal fi al-asma fi ar-rijal.
Berikut adalah biografi semua perawi hadis
yang tengah diteliti:
1. Jalur Riwayat Ibnu Majah
a. Ibnu Majah
Ibnu Majah
adalah nama nenek moyang yang berasal dari kota Qazwin, salah satu kota di
Iran. Nama lengkap imam hadits yang terkenal dengan sebutan neneknya ini adalah
Abu ‘Abdillah Muhammad bin Yazid ar-Raba’I al-Qazwini Ibnu Majah. Ia dilahirkan
di Qazwin pada tahun 207 H (824 M). ia wafat hari Selasa, bulan Ramadhan, tahun 273 H (887 M).
Sebagaimana
para Muhadditsin yang dalam mencari hadits-hadits memerlukan perantauan ilmiah,
ia pun berkeliling dibeberapa negeri untuk menemui dan berguru hadits kepada
para ulama hadits.
Dari tempat
perantauan itu, ia bertemu dengan murid-murid Imam Malik dan Al-Laits, dan dari
merekalah, ia banyak memperoleh hadits. Hadits-haditsnya banyak diriwayatkan
oleh orang banyak.
Ibnu Majah
menyusun kitab Sunan yang kemudian terkenal dengan namaSunan Ibnu
Majah. Sunan ini merupakan salah satu sunan yang empat. Dalam sunan ini
banyak terdapat hadits dhaif. Bakan tidak sedikit hadits yang munkar.
Al-Hafidh
Al-Muziy berpendapat bahwa hadits-hadits gharib gharib yang terdapat
dalam Sunan ini kebanyakan adalah dhaif. Karena itulah, para ulama
mutaqaddimin memandang bahwa kitab Muwattha Imam Malik menduduki pokok
kelima, bukan Sunan Ibnu Majah.
Selama
hidupnya, Ibnu Majah banyak menghasilkan karya, diantaranya Tafsir al-Qur’an
Al-Karim, At-Tarikh, dan Sunan Ibnu Majah.[16]
Penilaian
kritikus hadis terhadapnya. Al-Khalili menyatakan tsiqah.[17]
b. Jamil bin Hasan
Nama lengkapnya adalah Jamil bin Hassan bin
Jamil al-Azdiy al-Atkiy, gelarnya adalah Mahbub.Diantara guru-gurunya adalah
‘Abdul A’la bin Abdul A’la, Huzail bin Hakam, Muhammad bin Marwan al-Uqailiy,
Abdul Wahab ats-Tsaqafiy, Ibnu Uyaynah, dan Muhammah bin Hasan al-Qursyi dll.
Diantara murid-muridnya adalah Ibnu Majah,
Ibnu Khuzaimah, Abu Arubah, Dzakaria as-Sajiy, Abu Bakr bin Abi Daud,
al-Qadhiy, dan Abu Amr Muhammad bin Yusuf dll.
Penilaian kritikus terhadapnya. Ibnu ‘Adiy
mengatakan: “Aku mendengar Abdan dan bertanya, katanya itu Jamil
bin Hasan adalah orang yang fasiq dan pembohong”[18]
c. Muhammad bin Marwan
Nama lengkapnya adalah Muhammad bin Marwan
bin Qudamah al-‘Uqayli, Abu Bakar al-Bushiriy.
Diantara guru-gurunya adalah Said
al-Maqbariy, Yunus bin Ubaid, Daud bin Abiy Hindi, Abdul Malik bin Abiy
Nadhrah, Hisyam bin Hassan, ‘Umarah bin Abiy Hafshah, Handzalah as-Sudusiy dll.
Diantara murid-muridnya adalah Masdad, Yahya
bin Main, Jamil bin Hasan, Siyar bin Hatim, Muhammad bin Abi Bakar al-Muqriy,
Abdullah bin Yusuf al-Jaidziy, Ahmad bin ‘Ubaidillah al-Gadaniy, Abu Bakar bin
Abiy Syaibah, Abu Musa Muhammad bin al-Matsna, Muhammad bin Abiy Surya
al-‘Asqalaniy, Nash bin Ali al-Juhdhamiy dll.
Diantara murid-muridnya Ibrahim bin
Dzakariya, Ibrahim bin Mahdiy, Ahmad bin Ibrahim ad-Dauraqiy, Ahmad bin
Ubaidillah al-Ghadaniy, Jamil bin Hasan al-Atkiy, Siyar bin Hatim, dll.
Penilaian kritikus terhadapnya. Al-Ajra mengatakan dari
Abiy Daud, ia adalah orang yang dipercaya. Ibnu Hajar menduga ia orang yang
dipercaya.[19]
d. Hisyam bin Hassan
Nama lengkapnya adalah Hisyam bin Hasan al-Adzdiy
al-Qurdusiy. Ia wafat pada tahun 147 atau 148 H.
Diantara guru-gurunya adalah Anas bin Sirin, Ayyub bin
Musa al-Qursyi, Hasan al-Bashri, Hamid bin Hilal, Abiy Ma’syar Dziyad bin
Kulaib, Suhail bin Abiy Shalih, Abdullah bin Dahqan, Abdullah bin Shuhaib, dll.
Diantara murid-muridnya adalah Ibrahim bin Thahman, Asbat
bin Muhammad al-Qursyi, Ismail bin ‘Aliyah, Aswad bin Amir Syadzdzan, Jarir bin
Abdul Hamid, Hafash bin Ghiyats, Abu Usamah Hammad bin Usamah, Hammad bin
Dzaid, dll.
e. Muhammad bin Sirin
Nama
lengkapnya adalah Muhammad bin Sirin al-Anshariy, Ia wafat pada tahun 110 H.
Diantara
guru-gurunya adalah Abu Hurairah, Anas bin Malik, Jundub bin Abdullah al-Bajla,
Hudzaifah bin Yaman, Hasan bin Aliy bin Abiy Thalib, Hamid bin Abdurrahman
al-Humaira, dll.
Diantara
murid-muridnya adalah Asma bin Ubaid adh-Dhab’iy, Asy’ats bin Abdul Malik,
Ayyub as-Sakhtiyani, Busthami bin Muslim, Hisyam bin Hasan al-Adzdiy
al-Qurdusiy, Jarir bin Hadzim, Habib bin Syahid, Hasan bin Dzakwan, Daud bin
Abi Hindi, dll.
Penilaian kritikus
terhadapnya. Abu Bakar bin Abiy Amrah al-Bushiriy: tsiqqah, Ibnu Jarir: tsiqqatun
tsabbitun kabirun al-qadr, Ia tidak melihat riwayat dengan ma’na.[21]
f. Abu Hurairah
Nama lengkapnya adalah Abu Hurairah
bin ‘Amir bin Abd Dzi al-Syariy bin Tharif bin ‘Itab bin Abi Sha’b bin Munabbih
bin Sa’ad bin Sulaim bin Fahm bin Ghanam bin Daus bin ‘Adnan bin Abdullah bin
Zahran bin Ka’ab al-Dausi.
Abu Hurairah menerima hadis dari Abu
Bakar, Umar, Ubay bin Ka’ab, Aisyah, Ka’ab al-Ahbar dan lainnya. Sedang perawi
yang menerima hadis darinya adalah anaknya sendiri bernama al-Muharrar, Ibn
Umar, Ibn Abbas, dan lainnya.
Penilaian para ulama hadis. Bukhari
mengatakan bahwa hadis dari Abu Hurairah diriwayatkan oleh sekitar 800 orang
ahli hadis dan ia adalah orang yang paling hafal pada masanya. Abi Khaitsamah
dari Sa’id bin Abi al-Hasan mengatakan: tidak ada sahabat yang paling banyak
hafal hadis selain Abu Hurairah.[22]
Berikut ini adalah biodata dan kritik
para perawi hadis dari jalur yang tengah diteliti yakni riwayat Ibnu
Majah, yang penulis lacak dari Aplikasi Program Maktabah
Syamilah:
الجرح
و التعديل
|
تلميذ
|
شيخ
|
ترجمة
|
رواة الحديث
|
المخرج
|
نمرة
|
رتبته عند ابن حجر : صدوق يخطىء ، أفرط فيه عبدان
رتبته عند
الذهبي : قال عبدان : فاسق يكذب ـ أى فى
كلامه
|
إبن ماجه محمدابنيزيدالربعيبفتحالراءوالموحدةالقزوينيأبوعبدالله
|
سفيان
بن عيينة بن أبى عمران : ميمون الهلالى ، أبو محمد الكوفى ، المكى ، مولى محمد
بن مزاحم ( أخى الضحاك بن مزاحم )
|
جميل بن
الحسن بن جميل الأزدى العتكى الجهضمى ، أبو الحسن البصرى
الطبقة : 10 : كبار الآخذين عن تبع الأتباع
روى له : ق (
ابن ماجه )
|
جميل بن حسن
|
إبن ماجه
|
1
|
رتبته عند ابن حجر : صدوق له أوهام
رتبته عند الذهبي : قال أبو زرعة : ليس بذاك
|
جميل بن
الحسن بن جميل الأزدى العتكى الجهضمى ، أبو الحسن البصرى
|
هشام بن
حسان الأزدى القردوسى ، أبو عبد الله البصرى
|
الاسم : محمد بن مروان بن قدامة
العقيلى ، المعروف بالعجلى ، أبو بكر البصرى
الطبقة : 8 :
من الوسطى من أتباع التابعين
روى له
: خد ق
( أبو داود في الناسخ والمنسوخ - ابن ماجه )
|
محمد بن مروان
|
||
رتبته عند ابن حجر : ثقة ، من أثبت الناس فى ابن سيرين ، و فى
روايته عن الحسن و عطاء مقال لأنه قيل كان يرسل عنهما
رتبته عند
الذهبي : الحافظ
|
محمد بن
مروان بن قدامة العقيلى ، المعروف بالعجلى ، أبو بكر البصرى
|
محمد بن
سيرين الأنصارى ، أبو بكر بن أبى عمرة البصرى ، مولى أنس بن مالك ( أخو أنس و
معبد و حفصة و كريمة )
|
الاسم : هشام بن حسان الأزدى
القردوسى ، أبو عبد الله البصرى
الطبقة : 6 :
من الذين عاصروا صغارالتابعين
الوفاة : 147 أو 148 هـ
روى له
: خ م د ت س ق ( البخاري - مسلم - أبو داود - الترمذي - النسائي
- ابن ماجه )
|
هشام بن حسان
|
||
رتبته عند ابن حجر : ثقة ثبت كبير القدر ، كان لا يرى الرواية
بالمعنى
رتبته عند الذهبي : ثقة حجة ، أحد الأعلام ، كبير العلم
|
هشام بن
حسان الأزدى القردوسى ، أبو عبد الله البصرى
|
أبو هريرة الدوسى اليمانى ( حافظ
الصحابة ، اختلف فى اسمه و اسم أبيه اختلافا كثيرا )
|
الاسم : محمد بن سيرين الأنصارى ،
أبو بكر بن أبى عمرة البصرى ، مولى أنس بن مالك ( أخو أنس و معبد و حفصة و كريمة
)
الطبقة : 3 :
من الوسطى من التابعين
الوفاة : 110 هـ
روى له : خ م د ت س ق
( البخاري - مسلم - أبو داود - الترمذي - النسائي - ابن ماجه )
|
محمد بن سرين
|
||
رتبته عند ابن حجر : صحابى
رتبته عند الذهبي : صحابى ، كان حافظا متثبتا ذكيا مفتيا ، صاحب
صيام و قيام
|
محمد بن
سيرين الأنصارى ، أبو بكر بن أبى عمرة البصرى ، مولى أنس بن مالك ( أخو أنس و
معبد و حفصة و كريمة )
|
النبى محمد
صلى الله عليه وسلم
|
الاسم : أبو هريرة الدوسى اليمانى
( حافظ الصحابة ، اختلف فى اسمه و اسم أبيه اختلافا كثيرا )
الطبقة : 1 : صحابى
الوفاة : 57 هـ ( 58 أو 59 هـ قيل ذلك )
روى له : خ م د ت س ق
( البخاري - مسلم - أبو داود - الترمذي - النسائي - ابن ماجه )
|
أبي هريرة
|
b. Analisa Kualitas Sanad
Berdasarkan data biografi
para perawi yang telah dipaparkan pada bagan diatas dapat disimpulkan:
1. Hadis dengan jalur
riwayat Ibnu Majah dapat dinilai bersambung dengan beberapa sebab
yakni: a. Dari segi umur maupun thabaqat, antara satu perawi
dengan perawi lainnya terdapat jarak yang memungkinkan mereka untuk bertemu.
Jarak terpanjang adalah antara perawi Hisyam bin Hassan dengan Muhammad bin Sirin yakni ada 2 thabaqat yang terlampaui yaitu
Hisyam bin Hassan berada di tahabaqat ke 6 dan Muhammad bin Sirin berada di
thabaqat ke 3,
sedang perawi lainnya lebih pendek jarak waktunya. b. Dari segi hubungan antara
guru dan murid nampak semua perawi adalah guru dan murid bagi perawi lainnya.
Dengan fakta di atas, dapat dinyatakan bahwa jalur hadis tersebut bersambung.
2. Dari segi ke’adalahan
dan kedhabitan, dapat dinyatakan bahwa jalur riwayat Ibnu Majah memiliki illat atau cacat. Hal ini didasarkan dari
penilaian seluruh kritikus yang menyatakan bahwa
pada riwayat Ibnu Majah terdapat perawi yang memiliki illat atau
kecacatan yaitu Jamil bin Hasan, dikatakan ‘Abdan adalah seorang yang pasik dan
pendusta. Meski beberapa perawi diatasnya dinyatakan shuduq dan tsiqqah,
akan tetapi setelah melihat pernyataan para kritikus yang menyatakan
demikian, maka dapat disimpulkan sanad dari jalur Ibnu Majah ini adalah dhaif
atau lemah.
2. Kritik Matan.
Sebagaimana dijelaskan terdahulu,
kaedah kesahihan matan hadis terdiri dari dua hal yakni terbebas dari syadz
dan ‘illah hadis. Syadz menurut pengertian ulama hadis adalah
hadis yang diriwayatkan perawi maqbul bertentangan dengan riwayat perawi
yang kuat. Sedang ‘illah adalah hadis yang lahirnya tampak selamat dari
kecacatan namun setelah diteliti akan nampak cacatnya baik karena memaushulkan
yang mursal, memarfu’kan yang mauquf atau memasukkan hadis pada
hadis lainnya dan lainnya.[23]
Menurut
Syuhudi, ada tiga langkah yang harus dilakukan dalam penelitian matan yakni; 1.
Meneliti matan dengan melihat kualitas sanadnya, 2. Meneliti susunan lafal
berbagai matan yang semakna, 3. Meneliti kandungan matan.[24]
Meneliti susunan lafal berkaitan dengan unsur ke’illahan hadis sedang
meneliti kandungan matan berkenaan dengan kesyadzan hadis
Berdasarkan langkah metodologis dalam
penelitian matan tersebut, Arifuddin Ahmad kemudian merincinya dengan
memasukkan kaedah minor dalam syadz dan ‘illah pada matan hadis.
Unsur kaedah minor syadz, menurutnya, adalah adalah 1. Sanad hadis
bersangkutan tidak menyendiri; 2. Matan hadis bersangkutan tidak bertentangan
dengan matan hadis yang sanadnya lebih kuat; 3 Matan hadis bersangkutan tidak
bertentangan dengan al-Qur’an; dan 4. Matan hadis bersangkutan tidak
bertentangan dengan akal dan fakta sejarah.[25]
Di sisi lain, al-Adhlaby menyebutkan bahwa suatu matan hadis dapat diterima
kehujjahannya apabila: (1) Tidak bertentangan dengan Alquran; (2) tidak
bertentangan dengan hadis lainnya yang lebih kuat; (3) tidak bertentangan
dengan indera, akal sehat dan fakta sejarah; dan (4) matan hadis menunjukkan
ciri-ciri sabda kenabian.[26]
Sedang kaidah minor matan hadis yang
mengandung ‘illah adalah 1. Matan hadis bersangkutan tidak mengandung idraj[27] (sisipan);
2. Matan hadis bersangkutan tidak mengandung ziyadah[28]
(tambahan); 3. Tidak terjadi maqlub[29]
(pergantian lafal atau kalimat) bagi matan hadis bersangkutan; 4. Tidak terjadi
idhthirab (pertentangan yang tidak dapat dikompromikan) bagi matan hadis
bersangkutan; dan 5. Tidak terjadi kerancuan lafal dan penyimpangan makna yang
jauh dari matan hadis bersangkutan. Jika ‘illah hadis itu mengandung
pertentangan dengan hadis lain yang lebih kuat, maka matan hadis tersebut
sekaligus mengandung syudzudz.[30]
Untuk meneliti kesahehan matan,
penulis menggunakan kaedah metodologis yang dikemukakan Syuhudi Ismail di atas.
1. Meneliti kualitas sanad
Sebagaimana dijelaskan di atas, jalur
sanad hadis yang diteliti yakni Ibn Majah berkualitas dhaif.
2. Meneliti susunan lafal berbagai
matan yang semakna
Berdasarkan hadis yang disebutkan di atas, terdapat 7 hadis dari 3 kitab hadis dengan berbagai
variannya. Pada riwayat Ibnu Majah terdapat 1 hadis, Baihaqiy 3 hadis, dan Daruquthniy 3 hadis. Di sini penulis berusaha membandingkan
matan hadis yang tengah dikaji pada penelitian sanad hadis yakni riwayat Ibnu Majah dari Jamil bin Hasan dengan berbagai
matan hadis dari jalur sanad lainnya.
Varian
III
|
Varian
II
|
Varian
I
|
المخرج
|
فَإِنَّ
الزَّانِيَةَ هِيَ الَّتِي تُزَوِّجُ نَفْسَهَ
|
وَلاَ
تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ نَفْسَهَا
|
لاَ
تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ الْمَرْأَةَ
|
1.
إبن ماجه
|
فَإِنَّ
الزَّانِيَةَ هِيَ الَّتِي تُزَوِّجُ نَفْسَهَا
|
وَلَا
تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ نَفْسَهَا
|
لَا
تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ الْمَرْأَةَ
|
2.
درقطني
|
وَكُنَّا نَقُولُ: إِنَّ الَّتِي تُزَوِّجُ
نَفْسَهَا هِيَ الْفَاجِرَةُ
|
وَلَا
تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ نَفْسَهَا
|
لَا
تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ الْمَرْأَةَ
|
3.
درقطني
|
وَالزَّانِيَةُ
هِيَ الَّتِي تُنْكِحُ نَفْسَهَا بِغَيْرِ إِذَنْ وَلِيِّهَا
|
وَلَا
تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ نَفْسَهَا
|
لَا
تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ الْمَرْأَةَ
|
4.
درقطني
|
إِنَّ
الْبَغِيَّةَ الَّتِي تُزَوِّجُ نَفْسَهَا
|
وَلَا
تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ نَفْسَهَا
|
لَا
تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ الْمَرْأَةَ
|
5.
بيهقى
|
فَإِنَّ
الزَّانِيَةَ هِيَ الَّتِي تُزَوِّجُ نَفْسَهَا
|
وَلَا
تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ نَفْسَهَا
|
لَا
تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ الْمَرْأَةَ
|
6.
بيهقى
|
فَإِنَّ
الزَّانِيَةَ هِيَ الَّتِي تُزَوِّجُ نَفْسَهَ
|
وَلَا
تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ نَفْسَهَا
|
لَا
تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ الْمَرْأَةَ
|
7.
بيهقى
|
Perlu dijelaskan bahwa varian I
sampai III merupakan kutipan matan hadis secara lengkap berdasarkan jalur
perawinya. Sedang perawi pertama yakni Ibn Majah merupakan periwayat yang
hadisnya menjadi focus kajian.
Ada beberapa hal yang perlu
ditegaskan:
a. Seluruh hadis tersebut adalah
hadis qauliyah yakni perkataan Nabi yang direkam oleh sahabat Abu
Hurairah terkait dengan ketentuan dan syarat pernikahan. Ketersendirian Abu
Hurairah dalam meriwayatkan hadits dari Nabi adalah merupakan hal yang wajar,
karena Abu Hurairah disetiap hari-harinya selalu mendampingi Rasulullah dan
banyak merekam perakataan dari Rasulullah.
b. Hadis tersebut diceritakan Abu
Hurairah kepada muridnya dalam satu versi yang sama namun kemudian diriwayatkan
oleh muridnya yakni Muhammad bin Sirin atau perawi yang berada di bawahnya
dengan berbagai versi. Berdasarkan kajian terhadap matan hadis, ada empat versi
hadis yang berbeda dimana masing-masing memiliki ciri tertentu. Hadis dari
jalur sanad Daruquthniydari perawi Muhammad bin Khalad memiliki tambahan
kalimat yang disandarkan padanya yakni kata وَالزَّانِيَةُ
هِيَ الَّتِي تُنْكِحُ نَفْسَهَا بِغَيْرِ إِذَنْ وَلِيِّهَا.
Kemudian Daruquthniy dari Abu Bakar ath-Thalhiy Abdullah bin Yahya juga
terdapat penambahan kalimat yang berbeda dengan yang lainnya yaitu وَكُنَّا
نَقُولُ: إِنَّ الَّتِي تُزَوِّجُ نَفْسَهَا هِيَ الْفَاجِرَةُDengan ciri khas ini menunjukkan
bahwa riwayat Daruquthniy dari Muhammad bin Khalad dan dari Abu Bakar
ath-Thalhiy Abdullah bin Yahya terdapat penambahan teks yang berbeda dengan
teks matn dari periwayat lainnya. Sedang versi yang lebih masyhur adalah فَإِنَّ
الزَّانِيَةَ هِيَ الَّتِي تُزَوِّجُ نَفْسَهَا yaitu seperti yang diriwayatkan oleh Ibnu
Majah dan Baihaqiy tanpa ada tambahan kalimat lagi sesudahnya. Karena tidak
terdapat jalur lain dari Abu Hurairah maka ada beberapa kemungkinan yang dapat
ditarik yakni Versi lengkap hadis tersebut adalah dari Ibnu Majah yang disandarkan
pada Jamil bin Hasan. Kemudian didukung dengan Versi dari Baihaqiy yang
memiliki kesamaan pada konteks matnnya dengan matn yang diterima Ibnu Majah
dari Jamil bin Hasan. Dan jalur dari riwayat Ibnu Majah para rijalnya lebih
sedikit dibanding dengan jalur lainnya, menunjukkan
ketersambungannya sampai kepada perawi pertama (Abu Hurairah) lebih dekat.
Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa
versi lengkap matn yang sebenarnya adalah .لاَ
تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ الْمَرْأَةَ. وَلاَ تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ نَفْسَهَا.
فَإِنَّ الزَّانِيَةَ هِيَ الَّتِي تُزَوِّجُ نَفْسَهَyang diriwayakan oleh Ibnu Majah dan
Baihaqiy.
c. Tidak ada pertentangan antara satu
hadis dengan hadis lainnya.
Berdasarkan matan di atas, beberapa
versi periwayatan hadis di atas tidak terdapat pertentangan antara satu dengan
lainnya. Meskipun terdapat sedikit perbedaan pada matn yang dibawa oleh
Daruquthniy dari Muhammad bin Makhlad dan dari Abu Bakar ath-Thalhiy Abdullah.
Adapun unsur ‘illah dalam hadis tersebut seperti ziyadah, idraj, maqlub dan
idhthirab tidak ditemukan pada jalur periwayatan yang tengah diteliti yakni
jalur Ibn Majah dari Jamil bin Hasan. Namun demikian, tidaklah mempengaruhi
terhadap maksud dan tujuan dari isi kandungan matn hadis tersebut.
3. Meneliti kandungan matan
Sebagaimana dijelaskan Arifuddin
Ahmad, meneliti kandungan matan berarti meneliti kemungkinan ada atau tidaknya syadz
dalam hadis tersebut. Adapun unsur-unsur kaedah minor syadz adalah
pertentangannya muatannya dengan kandungan hadis yang lebih kuat, al-Quran atau
akal dan fakta sejarah. Hadis di atas berbicara tentang ketentuan dan
persyaratan dalam sebuah pernikahan.
Berdasarkan kandungan matn tersebut
daptlah disimpulkan bahwa pernikahan tanpa wali adalah pernikahan yang batil.
Pelakunya telah melakukan maksiat kepada Allah swt, dan berhak mendapatkan
sanksi di dunia. Hanya saja syariat belum menetapkan bentuk dan kadar sanksi
bagi orang-orang yang terlibat dalam pernikahan tanpa wali. Oleh karena itu,
kasus pernikahan tanpa wali dimasukkan kedalam bab ta’zir, dan keputusan
mengenai bentuk dan kadar sanksinya deserahkan sepenuhnya kepada seorang qadliy
(hakim). Makna semacam ini dipertegas dan diperkuat oleh hadis yang
diriwayatkan oleh Aisyah ra, bahwasanya Rasulullah saw pernah bersabda:
أَيُّما
امْرَأَةٍ نُكِحَتْ بِغَيْرِ إِذْنِ وَلِيِّها فَنِكاحُها بَاطِلٌ[31]
Artinya: “Wanita mana pun yang
menikah tanpa mendapat izin walinya, maka pernikahannya bathil; pernikahannya
bathil”.
Dengan demikian, hadis yang berbicara
tentang ketentuan dan persyaratan dalam sebuah pernikahantidak bertentangan
dengan hadis lainnya sebagaimana dijelaskan di atas.
Dalil al-Qur’an yang berbicara
tentang diharuskan adanya wali dalam perkawinan dapat kita ambil pada surat
al-Baqarah ayat 221 Allah berfirman:
Ÿwur(#qßsÅ3Zs?ÏM»x.ÎŽô³ßJø9$#4Ó®Lym£`ÏB÷sãƒ4
Artinya:
“Dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman” [32]
Ibnu Katsir
dalam kitab tafsirnya yang bernama Tafsir Ibnu Katsir, beliau
menafsirkan ayat diatas sebagai berikut:
لا تزوج الرجال المشركين
النساء المؤمنات
Artinya: “janganlah
kalian (para wali) menikahkan laki-laki musyrik/kafir dengan wanita
mukminah/muslimah”[33]
Pernikahan baru akan sah jika
dinikahkan oleh seorang wali. Wali hakim dapat menikahkan apabila telah
memenuhi syarat sebagaimana mestinya. Bagi yang ingin menikah, baik dengan
sirri atau resmi, meminta izin kepada wali itu wajib. Dan kewajiban wali untuk
mengizinkan dan menikahkannya. Pabila wali tidak mengizinkan maka wali itu
berdosa dan status menikahkan berpindah ke wali hakim.
Pernikahan didalam ketentuan syariat
Islam itu tidaklah sulit. Oleh karena itu, berushalah untuk mengikuti aturan
syariah Islam seperti yang telah disepakati oleh mayoritas Ulama dan hindari
mencari pendapat minoritas yang ringan untuk menghindarkan diri dari sejumlah
permasalahan yang nantinya akan timbul atau yang bertentangan dengan ketentuan
syariat.
Dengan demikian, antara kandungan
matan hadis berkenaan dengan kandungan ayat al-Qur’an yang telah disebutkan
diatas dan sesuai dengan penafsiran yang ditafsirkan oleh Ibnu Katsir dalam
kitab tafsirnya tersebut sejalan dengan maksud isi kandungan dari matn, tidak
terdapat pertentangan diantara keduanya. Meskipun hadits ini berkualitas dhaif
atau lemah, yang disebabkan oleh didapatinya perawi yang memiliki illah dalam
jalur sanadnya.
III. KESIMPULAN
Dalam kutub tis’ah, terdapat dua
hadis yang berbicara tentang perempuan yang menikahkan dirinya sendiri. Hadis
tersebut tersebar dalam kitab hadis yakni Ibn Majah. Di luar kitab tersebut,
ada beberapa kitab yang memuat hadis serupa yakni sunan Ad-Daruqurtniy sebanyak tiga hadis, Sunan
Kubra Baihaqiy sebanyak tiga hadis.
Berdasarkan hasil penelitian mengenai
kualitas sanad dan matannya, penulis berkesimpulan bahwa hadis yang diteliti
yakni hadis riwayat Tirmizi adalah dhaif.
Daftar Pustaka
Abu Abd Allah Muhammad bin Yazid al-Qazwini, Sunan
Ibn Majah, Beirut: Dar al-Fikr, 1995.
Abu Abd Allah Muhammad bin Yazid al-Qazwini, Sunan
Ibn Majah, Beirut: Dar al-Fikr, 1995.
Abu Abdullah Ahmad bin Muhammad bin Hanbal
asy-Syaibaniy al-Wa’iliy, Musnad Imam Ahmad, Beirut: Dar Ihya’
al-Turatsi al-Arabiy, 1993.
Abu al-Fadhil Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Ahmad bin
Hajar al-Atsqalaniy, Tahdzib at-Tahdzib, Hindi: Muthaba’ah Da’irah
al-Ma’arif al-Nadzamiah, 1326 H.
Abu al-Fadhil Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Ahmad bin
Hajar al-Atsqalaniy, Taqrib at-Tahdzib,Surya: Dar ar-Rasyid, 1406-1986.
Abu al-Fadhil Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Ahmad bin
Hajar al-Atsqalaniy, Taqrib at-Tahdzib, Surya: Dar ar-Rasyid, 1406-1986.
Abu al-Fida’i Ismail bin Amr bin Katsir al-Qursyi
al-Bushiriy ad-Damasyqiy, Tafsir al-Quran al-Adzim (Ibnu Katsir), Bairut:
Dar al-Kitab al-Ilmiah, 1419 H.
Abu Bakar Ahmad bin
al-Husen bin ‘Ali, Sunan al-Kubara li al-Baihaqiy, Beirut: Dar an-Nasyr
Dar al- Abu Bakar Ahmad bin al-Husen bin ‘Ali, Sunan al-Kubara li
al-Baihaqiy, Beirut: Dar an-Nasyr Dar al-Fikr, 1996.
Abu Muhammad Abd al-Hadi, Thuruq Takhrij Hadis
Rasul Allah Shalla Allah ‘Alaihi wa Sallam, Dar al-‘Itisham,:tth
Ahmad bin ‘Ali bin Hajar Syihab al-Din al-‘Asqalani
al-Syafi’I, Tahdzib al-Tahdzib, al-Hindi: Dairah al-Ma’arif al-Nizamiat
al-Kalimat, 1327 H.
Ali bin Umar bin Ahmad bin Mahdiy, Abu al-Hasan
ad-Daru Quthniy as-Syafi’iy, Sunan
Ad-Daruqurtniy Bairut: Dar al-Kitab al-Ilmiyah, 2003.
Ali bin Umar bin Ahmad bin Mahdiy, Abu al-Hasan
ad-Daru Quthniy as-Syafi’iy, Sunan
Ad-Daruqurtniy Bairut: Dar al-Kitab
al-Ilmiyah, 2003
Ali bin Umar bin Ahmad bin Mahdiy, Abu al-Hasan
ad-Daru Quthniy as-Syafi’iy, Sunan
Ad-Daruqurtniy Bairut: Dar al-Kitab
al-Ilmiyah, 2003
Al-Quran dan Terjemah (Al-Baqarah 02:221)
Arif halim, metodologi tahqiq hadis secara mudah
dan munasabah, Malaysia: univ. sains,2007.
Arifuddin Ahmad, Paradigma Baru Memahami Hadis
Nabi: Refleksi Pemikiran Pembaruan Prof. Dr. Muhammad Syuhudi Ismail,
Jakarta: MSCC, 2005
Ibn Hajar al-Asqalani, al-Ishabah
fi Tamyiz al-Shahabah,Beirut: Dar al-Jail, 1992.
M. Agus Solahudin, M.Ag., dan Agus Suyadi, Lc. M.Ag., Ulumul
Hadis, Bandung: Pustaka Setia, 2008
M.
Syuhudi Ismail, Metodologi Penelitian Hadis Nabi, Jakarta: Bulan
Bintang, 1992
Muhammad Jamal al-Din al-Qasimi, Qawa’id al-Tahdits
min Funun Mushthalah al-Hadis, Mesir: ‘Isa al-Babiy al-Halabiy, 1971
Shalahuddin Ahmad al-Adhlaby, Manhaj Naqd al-Matan
‘inda’ Ulami al-Hadis al-Nabawiy, Beirut: Dar al-Afaq al-Jadidah,
[1]Arief
Halim, Metodologi Tahqiq Hadis Secara Mudah dan Munasabah, (Malaysia:
Univ. Sains Malaysia, 2007), 41.
[2]Abu
Muhammad Abd al-Hadi, Thuruq Takhrij Hadis Rasul Allah Shalla Allah ‘Alaihi
wa Sallam, (ttp: Dar al-‘Itisham, tth), h. 10.
[3]M.
Syuhudi Ismail, Metodologi Penelitian Hadis Nabi, (Jakarta: Bulan
Bintang, 1992), Cet. I, h. 44.
[4]. Ibid,
h. 24. M. Syuhudi Ismail kemudian meringkaskan metode takhrij tersebut
melalui dua cara yakni takhrij bi alfazh dan takhrij bi al-maudhu’.
Llihat, M. Syuhudi Ismail, Metodologi Penelitian Hadis Nabi, (Jakarta:
Bulan Bintang, 1988), h. 46.
[5]Abu
Abd Allah Muhammad bin Yazid al-Qazwini, Sunan Ibn Majah, (Beirut: Dar
al-Fikr, 1995), Juz. I, h. 605.
[6]
Ali bin Umar bin Ahmad bin Mahdiy, Abu al-Hasan ad-Daru Quthniy as-Syafi’iy, Sunan
Ad-Daruqurtniy (Bairut: Dar al-Kitab al-Ilmiyah, 2003)., vol. 4., h.
325.
[7]
Ali bin Umar bin Ahmad bin Mahdiy, Abu al-Hasan ad-Daru Quthniy as-Syafi’iy, Sunan
Ad-Daruqurtniy (Bairut: Dar al-Kitab al-Ilmiyah, 2003)., vol. 4., h.
325.
[8]
Ali bin Umar bin Ahmad bin Mahdiy, Abu al-Hasan ad-Daru Quthniy as-Syafi’iy, Sunan Ad-Daruqurtniy
(Bairut: Dar al-Kitab al-Ilmiyah, 2003)., vol. 4., h. 326.
[9]Abu Bakar Ahmad bin al-Husen bin ‘Ali, Sunan
al-Kubara li al-Baihaqiy, (Beirut: Dar an-Nasyr Dar al-Fikr, 1996)., vol. 7,
h. 177
[10]Abu Bakar Ahmad bin al-Husen bin ‘Ali, Sunan
al-Kubara li al-Baihaqiy, (Beirut: Dar an-Nasyr Dar al-Fikr, 1996)., vol. 7,
h. 178.
[11]Abu Bakar Ahmad bin al-Husen bin ‘Ali, Sunan
al-Kubara li al-Baihaqiy, (Beirut: Dar an-Nasyr Dar al-Fikr, 1996)., vol. 7,
h. 177.
[12].
Muhammad ‘Ajaj al-Khatib, Ushul al-Hadis …, h. 367.
[13]. Ibid,
h. 170.
[14]Abu
Abd Allah Muhammad bin Yazid al-Qazwini, Sunan Ibn Majah, (Beirut: Dar
al-Fikr, 1995), Juz. I, h. 605.
[15].
Menurut Shubhi Shalih, hadist shahih adalah hadis musnad yang bersambung
sanadnya dengan perawi yang adil lagi dhabit dari perawi yang adil
lagi dhabit pula. Semua perawi tersebut sampai kepada Nabi atau sahabat
atau tabi’in dan tidak terdapat syadz serta illah. Lihat, Shubhi
Shalih, ‘Ulum al-Hadis wa Mushthalahuh, (Beirut: Dar al-‘Ulum li
al-Malayin, 1988), h. 145.
[16]
Drs. M. Agus Solahudin, M.Ag., dan Agus Suyadi, Lc. M.Ag., Ulumul Hadis, (Bandung:
Pustaka Setia, 2008)., h. 246-247.
[17]Ahmad
bin ‘Ali bin Hajar Syihab al-Din al-‘Asqalani al-Syafi’I, Tahdzib al-Tahdzib,
(al-Hindi: Dairah al-Ma’arif al-Nizamiat al-Kalimat, 1327), juz IX, h. 531
[18]
Abu al-Fadhil Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Hajar al-Atsqalaniy, Tahdzib
at-Tahdzib, (Hindi: Muthaba’ah Da’irah al-Ma’arif al-Nadzamiah, 1326 H).,
J. 2., h. 435-436.
[19]Abu
al-Fadhil Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Hajar al-Atsqalaniy, Tahdzib
at-Tahdzib, (Hindi: Muthaba’ah Da’irah al-Ma’arif al-Nadzamiah, 1326 H).,
J. 9. H. 435-436.
[20]Abu
al-Fadhil Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Hajar al-Atsqalaniy, Taqrib
at-Tahdzib, (Surya: Dar ar-Rasyid, 1406-1986)., J. 1, h. 572.
[21]Abu
al-Fadhil Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Hajar al-Atsqalaniy, Taqrib
at-Tahdzib, (Surya: Dar ar-Rasyid, 1406-1986)., J. 1, h. 483.
[22]Ibn
Hajar al-Asqalani, al-Ishabah fi Tamyiz al-Shahabah, (Beirut: Dar
al-Jail, 1992), jld. I, h. 425
[23]Muhammad
Jamal al-Din al-Qasimi, Qawa’id al-Tahdits min Funun Mushthalah al-Hadis,
(Mesir: ‘Isa al-Babiy al-Halabiy, 1971), h. 130
[24]M.
Syuhudi Ismail, Metodologi Penelitian
…, h. 121
[25]Arifuddin
Ahmad, Paradigma Baru Memahami Hadis Nabi: Refleksi Pemikiran Pembaruan
Prof. Dr. Muhammad Syuhudi Ismail, (Jakarta: MSCC, 2005), h. 108.
[26]Shalahuddin
Ahmad al-Adhlaby, Manhaj Naqd al-Matan ‘inda’ Ulami al-Hadis al-Nabawiy,
(Beirut: Dar al-Afaq al-Jadidah, t.th.), h. 238; Bandingkan dengan pendapat
al-Khatib al-Baghdadi, al-Kifayah fi ‘Ilmi al-Riwayah, (Mesir: al-Mathba’ah al-Sa’adah, 1972), h.
206-207.
[27]Idraj
adalah tambahan yang diberikan oleh
salah seorang rawi baik oleh generasi sahabat maupun sesudahnya, yang tambahan
tersebut bersambung dengan matan hadis asli yang berasal dari Rasulullah.
Penambahan tersebut dapat terjadi pada permulaan, pertengahan maupun akhir dari
suatu matan dan biasanya merupakan penafsiran atau keterangan-keterangan
kandungan hukum untuk kata-kata atau pernyataan dari bagian matan tertentu yang
dikemukakan oleh rawi tertentu. Lihat, Nuruddin ‘Itr, Manhaj al-Naqd fi
‘Ulum al-Hadis, (Beirut: Dar al-Fikr, 1988), h. 440.
[28]Secara
bahasa, kata ziyadah berarti tambahan. Menurut istilah ilmu hadis, ziyadah
pada matan adalah tambahan lafazh atau kalimat
yang terdapat pada matan yang ditambahkan oleh rawi tertentu, sementara
rawi lain tidak mengemukakannya. Nuruddin ‘Itr, Manhaj al-Naqd fi ‘Ulm
al-Hadis, diterjemahkan oleh Mujiyo dengan judul ‘Ulum al-Hadis 2,
(Cet. II; Bandung: Rosda Karya, 1997), h. 230.
[29]Hadis
disebut maqlub maksudnya hadis yang terjadi pemutarbalikan pada redaksi
hadis, yang dilakukan oleh seorang rawi baik disengaja maupun tidak. Indikasi
adanya pemutarbalikan itu terlihat pada: 1) seorang rawi mendahulukan suatu
matan hadis yang seharusnya diletakkan pada akhir matan atau sebaliknya; 2)
seorang rawi menjadikan suatu matan hadis (yang sudah jelas sanadnya)
ditempatkan pada sanad yang lain. Mahmud Thahan, Taysir Mushthalah al-Hadis,
(Beirut: Dar al-Fikr, 1985), h. 108.
[30]Arifuddin
Ahmad, Paradigma Baru …, h. 109
[31]
Abu Abdullah Ahmad bin Muhammad bin Hanbal asy-Syaibaniy al-Wa’iliy, Musnad
Imam Ahmad, (Beirut: Dar Ihya’ al-Turatsi al-Arabiy, 1993)., Juz 7. H. 98.
[32]
Al-Quran dan Terjemah (Al-Baqarah 02:221)
[33]
Abu al-Fida’i Ismail bin Amr bin Katsir al-Qursyi al-Bushiriy ad-Damasyqiy, Tafsir
al-Quran al-Adzim (Ibnu Katsir), (Bairut: Dar al-Kitab al-Ilmiah, 1419 H)
h. 337.
Boleh Minta FIle utuhnya?
BalasHapuskalo boleh kirim via email
hafizhin67@gmail.com
Situs Judi Slot Online Gacor Terpercaya & Terbaik 2021
BalasHapusSelain itu untuk semua situs choegocasino slot online terpercaya yang septcasino menyediakan berbagai 인카지노 permainan judi online yang menyediakan berbagai pemain judi slot