Minggu, 14 Juni 2015

MAKALAH TELAAH KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSNAWIYAH



TELAAH KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN MATA PELAJARAN  SEJARAH KEBUDAYAAN  ISLAM
DI MADRASAH TSNAWIYAH

A.      Pendahuluan
Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah  merupakan salah satu mata pelajaran yang menelaah tentang asal-usul, perkembangan, peranan kebudayaan/ peradaban Islam dan para tokoh yang berprestasi dalam sejarah Islam di masa lampau, mulai dari perkembangan masyarakat Islam pada masa Nabi Muhammad SAW dan Khulafaurrasyidin, Bani ummayah, Abbasiyah, Ayyubiyah sampai perkembangan Islam di Indonesia.
Secara substansial, mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati sejarah kebudayaan Islam, yang mengandung nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan untuk melatih kecerdasan, membentuk sikap, watak, dan kepribadian peserta didik.
Pada pembelajaran Telaah Kurikulum Pendidikan Agama Islam merupakan suatu program pendidikan yang direncanakan dan dilaksanakan untuk mencapai sejumlah tujuan pendidikan dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Kurikulum sebagai program pendidikan ini berfungsi sebagai pedoman dan alat dalam menyelenggarakan kependidikan dan kegiatan pembelajaran dalam rangka pencapaian tujuan. Sehubungan dengan fungsi kurikulum tersebut, Nazhary mengungkapkan bahwa ada tiga fungsi dari kurikulum, yaitu sebagai berikut:
1.        Kurikulum berfungsi sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan
2.        Kurikulum sebagai batasan dari program kegiatan pada tingkatan pendidikan 
3.        Kurikulum sebagai pedoman dalam penyelenggaraan proses pembelajaran
Berdasarkan penjelasan tiga fungsi kurikulum diatas, dapat disimpulkan bahwa kurikulum merupakan komponen dari pendidikan yang memegang peranan yang begitu penting, termasuk bagi pelaksanaan dan penyelenggaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.[1]
Kurikulum Sejarah Kebudayaan Islam merupakan salah satu bagian integral dari Pendidikan Agama Islam. Sehubungan dengan ini, kurikulum Sejarah Kebudayaan Islam memiliki peran yang sangat mendukung dalam pencapaian tujuan dari kurikulum Pendidikan Agama Islam. Oleh karena itu, dalam merencanakan dan menyusun kurikulum, guru diharapkan agar cermat dan teliti. Karena, sebuah kurikulum itu memiliki sejumlah komponen yang saling terkait erat satu sama lain. Dan secara teoritis, penyusunan kurikulum harus berdasarkan asas dan orientasi tertentu.

B.       Latar Belakang
Di dalam UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka salah satu bidang studi yang harus dipelajari oleh peserta didik di Madrasah adalah pendidikan agama Islam, yang dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.

Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah terdiri atas empat mata pelajaran,  yaitu: Al-Qur’an-Hadis, Akidah-akhlak, Fikih, dan tarikh (sejarah) kebudayaan Islam. Masing-masing mata pelajaran tersebut pada dasarnya saling terkait, isi mengisi dan melengkapi. Al-Qur’an-Hadis merupakan sumber utama ajaran Islam, dalam arti ia merupakan sumber Akidah-akhlak, syari’ah/fikih (ibadah, muamalah), sehingga kajiannya berada di setiap unsur tersebut. Akidah (ushuluddin) atau keimanan merupakan akar atau pokok agama. Syariah/fikih (ibadah, muamalah) dan akhlak berti­tik tolak dari Akidah, yakni sebagai manifestasi dan konsekuensi dari Akidah (keimanan dan keyakinan hidup). Syari’ah/fikih merupakan sistema norma (aturan) yang mengatur hubungan manusia dengan Allah, sesama manusia dan dengan makhluk lainnya. Akhlak merupakan aspek sikap hidup atau kepribadian hidup manusia, dalam arti bagaimana sistema norma yang mengatur hubungan manusia dengan Allah (ibadah dalam arti khas) dan hubungan manusia dengan manusia dan lainnya (muamalah) itu menjadi sikap hidup dan kepribadian hidup manusia dalam menjalankan sistem kehidupannya (politik, ekonomi, sosial, pendidikan, kekeluargaan, kebudayaan/seni, iptek, olahraga/kesehatan, dan lain-lain) yang dilandasi oleh Akidah yang kokoh. Sedangkan tarikh (sejarah) kebudayaan Islam merupakan perkembangan perjalanan hidup manusia muslim dari masa ke masa dalam usaha bersyariah (beribadah dan bermuamalah) dan berakhlak serta dalam mengembangkan sistem kehidu­pannya yang dilandasi oleh Akidah.

Pendidikan agama Islam (PAI) di Madrasah Tsanawiyah yang terdiri dari empat mata pelajaran tersebut memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Al-Qur’an-Hadis, menekankan pada kemampuan baca tulis yang baik dan benar, memahami makna secara tekstual dan kontekstual, serta mengamalkan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari. Aspek Akidah menekankan pada kemampuan memahami dan mempertahankan keyakinan/keimanan yang benar serta menghayati dan mengamalkan nilai-nilai al-asma’ al-husna. Aspek Akhlak menekankan pada pembiasaan untuk melaksanakan akhlak terpuji dan menjauhi akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Aspek Fikih menekankan pada kemampuan cara melaksanakan ibadah dan muamalah yang benar dan baik. Sedangkan aspek Tarikh & kebudayaan Islam menekankan pada kemampuan mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, ipteks dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
Sejarah Kebudayaan Islam di MTs merupakan salah satu mata pelajaran yang menelaah tentang asal-usul, perkembangan, peranan kebudayaan/peradaban Islam dan para tokoh yang berprestasi dalam sejarah Islam di masa lampau, mulai dari perkembangan masyarakat Islam pada masa Nabi Muhammad SAW dan Khulafaurrasyidin, Bani ummayah, Abbasiyah, Ayyubiyah sampai perkembangan Islam di Indonesia.  Secara substansial mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati Sejarah Kebudayaan Islam, yang mengandung nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan untuk melatih kecerdasan,  membentuk sikap, watak dan kepribadian peserta didik.

Penyusunan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Tsanawiyah ini dilakukan dengan cara mempertimbangkan dan me-review  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah,  dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi (SI) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam aspek Tarikh & Kebudayaan Islam untuk SMP/MTs, serta memperhatikan Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor: DJ.II.1/PP.00/ED/681/2006 , tanggal 1 Agustus 2006, Tentang Pelaksanaan Standar Isi, yang intinya bahwa Madrasah dapat meningkatkan kompetensi lulusan dan mengembangkan kurikulum dengan standar yang lebih tinggi.[2]

C.    TUJUAN
Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan-kemampuan sebagai berikut:
1.            Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam  yang telah dibangun oleh Rasulullah saw dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
2.            Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan  sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan
3.            Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.
4.            Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau.
5.            Mengembangkan  kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, ipteks dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

D.    Ruang Lingkup Mata Pelajaran di Madrasah Tsanawiyah
1.      Ruang lingkup Sejarah Kebudayan Islam di Madrasah Tsanawiyah meliputi:
a.       Pengertian dan tujuan mempelajari sejarah kebudayaan Islam
b.       Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Makkah
c.        Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah
d.      Memahami peradaban Islam pada masa Khulafaurrasyidin
e.        Perkembangan masyarakat Islam pada masa Dinasti Bani Ummayah
f.       Perkembangan masyarakat Islam pada masa Dinasti Bani Abbasiyah
g.      Perkembangan masyarakat Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah
h.      Memahami perkembangan Islam di Indonesia.[3]

E.     Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran (SKL-MP) SKI
1.      Meningkatkan pengenalan dan kemampuan mengambil ibrah terhadap peristiwa penting sejarah kebudayaan Islam mulai perkembangan masyarakat Islam pada masa Nabi Muhammad SAW dan para khulafaurrasyidin, Bani Umaiyah, Abbasiyah, Al-Ayyubiyah sampai perkembangan Islam di Indonesia.
2.      Mengapresiasi fakta dan makna peristiwa-peristiwa bersejarah, dan mengkaitkannya dengan fenomena kehidupan sosial, budaya, politik, ekonomi, dan ipteks.
3.      Meneladani nilai-nilai dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam peristiwa bersejarah.[4] 
F.        Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) SKI di Mts
Selain SK-KD, di sini penulis juga akan memaparkan cakupan materi dan alokasi waktu mata pelajaran SKI di Madrasah Tsanawiyah sebagai berikut:

Nama sekolah              : MTs.
Mata Pelajaran           : SKI
Kelas / Semester        :  VII/ I
Standar Kompetensi : 1. Memahami sejarah kebudayaan Islam
NO
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Alokasi Waktu
1.1
Memahami sejarah kebudayaan Islam
Menjelaskan pengertian kebudayaan Islam

Sejarah kebudayaan Islam
2X40




1.2
Menjelaskan tujuan dan man-faat mempelajari sejarah kebuda-yaan Islam

Tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam
1.3
Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam
Bentuk/wujud kebudayaan Islam
2X40

Standar Kompetensi :  2. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Mekkah
No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Alokasi Waktu
2.1
Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Makkah
Mendeskripsikan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat

Sejarah Nabi Muhammad SAW periode Mekkah
4 X 40’
2.2
Mengambil hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pem-bawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masya-rakat di kaitkan dengan perkemba-ngan kondisi sekarang

misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmatan lil ‘alamin

4 X 40
2.3

Meneladani perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah     

Kisah perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah     

6 X 40

Standar Kompetensi      : 3. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah
No
Standar kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Alokasi Waktu
3.1
Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah
Mendeskripsik-an sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan

Sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah
6 X 40’
3.2
Mengambil hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan di kaitkan dengan perkembangan kondisi sekarang
Hikmah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat
4 X 40
3.3

Meneladani semangat perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah
Kisah teladan dari perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah
4 X 40


Nama sekolah              : MTs.
Mata Pelajaran           : SKI
Kelas/Semester            : VII/ II
Standar Kompetensi : 4. Memahami sejarah perkembangan Islam pada masa Khulafaurrasyidin
No

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Alokasi Waktu
4.1
Memahami sejarah perkembangan Islam pada masa Khulafaurrasyidin
Menceritakan berbagai prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin

Prestasi Khulafaurrasyidin

4 X 40
4.2
Mengambil hikmah dari prestasi Khulafaurrasyidin di kaitkan dengan perkembangan kondisi sekarang

Hikmah dari prestasi Khulafaurrasyidin di kaitkan dengan perkembangan kondisi sekarang
4 X 40’
4.3
Meneladani gaya kepemimpinan Khulafaurrasyidin
Kisah  kepemimpinan Khulafaurrasyidin
4 X 40

Standar Kompetensi    : 5. Memahami perkembangan masyarakat Islam pada masa Bani Umaiyah
No

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Alokasi Waktu
5.1
Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Umaiyah
Menceritakan sejarah berdirinya daulah Amawiyah

Sejarah berdirinya daulah Amawiyah
4 X 40’


5.2
Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah   


Perkembangan masyarakat Islam pada masa Bani Umaiyah
5.3
Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah



Ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah

4 X 40
4.5
Mengambil ibrah dari perkemba-ngan kebudaya-an/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah untuk masa kini dan yang akan datang


Ibrah yang dapat diambil dari perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah untuk masa kini dan yang akan datang

4 X 40’
5.5
Meneladani kesederhanaan dan keshalehan Umar bin Abdul Aziz

Kisah kesederhanaan dan keshalehan Umar bin Abdul Aziz

4 X 40’

Nama sekolah              : MTs
Mata Pelajaran           : SKI
Kelas/Semester            : VIII/ I
Standar Kompetensi : 1. Memahami perkembangan masyarakat Islam pada masa  Bani Abbasiyah
No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Alokasi Waktu
1.1
Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Abbasiyah
Menceritakan sejarah berdirinya  Bani Abbasiyah
>Sejarah berdirinya   Bani Abbasiyah

>Proses terbentuknya sejarah Bani Abbasiyah

>Tokoh tokoh yang berperan dalam sejarah  berdirinya Bani Abbasiyah

>Faktor pendukung sejarah berdirinya Bani Abbasiyah
4 X40
1.2
Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan      /peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah
>Perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah

>Sebab  perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah

>Lahirnya tokoh  dari  perkem-bangan kebuda-yaan/ peradaban Islam  pada masa Bani Abbasiyah    
4X40
1.3

Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan dan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah

·         Tokoh ilmuwan muslim masa Bani Abbasiyah
·         Peran tokoh ilmuwan muslim pada pada masa Bani Abbasiyah
·         Kemajuan ilmuwan muslim  masa Bani Abbasiyah
·         Kebudayaan/perada-ban Islam pada masa Bani Abbasiyah
    
4 X 40’
1.4
Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan      /peradaban Islam pada  masa Bani Abbasiyah      untuk masa kini dan yang akan datang


·         Ibrah nilai nilai positif dan negatif dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah untuk masa kini

·         Ibrah nilai nilai positif dan negatif dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah untuk  masa yang akan datang    

4 X40
1.5
Meneladani ketekunan dan kegigihan perkembangan kebudayaan     /peradaban Islam Bani Abbasiyah

·         Meneladani ketekunan nilai nilai positif  perkembangan kebudayaan/peradaban Islam Bani Abbasiyah
·         Mengubah prilaku  nilai nilai negatif ke positif perkembangan kebudayaan/peradaban Islam Bani Abbasiyah
·         Kegigihan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam Bani Abbasiyah
2X40


Nama sekolah              : MTs.
Mata Pelajaran           : SKI
Kelas/Semester            : VIII/ II

No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Alokasi Waktu
2.1
Memahami perkembangan Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah
Menceritakan sejarah berdirinya  Dinasti Al Ayyubiyah
>Sejarah berdirinya   Dinasti Al Ayyubiyah

>Proses terbentuknya sejarah Dinasti Al Ayyubiyah

>Tokoh tokoh yang berperan dalam sejarah  berdirinya Dinasti Al Ayyubiyah

>Faktor pendukungsejarah berdirinyaDinasti Al Ayyubiyah
4 X 40
2.2

Mendeskripsik-an perkembangan kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Dinasti Al Ayyubiyah

·         Berkembangnya kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Dinasti Al Ayyubiyah
·         Sebab-sebab berkembangnya kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Dinasti Al Ayyubiyah
·         Munculnya tokoh akibat dari sebab berkembangnya kebudayaan/peradaban Islam  pada masa Dinasti Al Ayyubiyah
    
4 X 40
2.3
Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan dan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah

·         Tokoh ilmuwan muslim masa Dinasti Al Ayyubiyah
·         Peran tokoh ilmuwan muslim pada pada masa Dinasti Al Ayyubiyah
·         Kemajuan ilmuwan muslim  masa Dinasti Al Ayyubiyah
·         Kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah

4 X 40
2.4
Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan      /peradaban Islam pada  masa Dinasti Al Ayyubiyah      untuk masa kini dan yang akan datang

·      Ibrah nilai nilai positif dan nigatif dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah untuk masa kini
·      Ibrah nilai nilai positif dan nigatif dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah untuk  masa yang akan datang

    
4 X 40
2.5

Meneladani Sikap keperwiraan Shalahuddin Al Ayyubi

·      Nilai nilai positif yang bisa diteladani dari sikap keperwiraan Shalahuddin Al Ayyubi 
·      Nilai nilai negatif ke nilai nilai positif yang bisa diteladani dari sikap keperwiraan Shalahuddin Al Ayyubi
·      Keperwiraan Shalahuddin Al Ayyubi        

4 X 40

Nama sekolah              : MTs.
Mata Pelajaran           : SKI
Kelas/Semester            : IX/ 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami perkembangan Islam di Indonesia
No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Alokasi Waktu
1.1
Memahami perkembangan Islam di Indonesia
Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial dan pengajaran
·         Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan

·         Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui sosial

·         Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui pengajaran

4 X 40’
1.2

Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa Sumatra dan Sulawesi
·         Sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa
·         Sejarah beberapa kerajaan Islam di Sumatra

·         Sejarah beberapa kerajaan Islam di Sulawesi

4 X 40
1.3
Mengidentifikasi para tokoh dan perannya dalam perkembangan Islam di Indonesia
·      Para Tokoh  dalam perkembangan Islam di Indonesia

·      Peran para tokoh  dalam perkembangan Islam di Indonesia
4 X 40
1.4
Meneladani semangat para tokoh yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia
·      Semangat para tokoh  yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia
·         Kisah keladanan para tokoh  yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia
4 X40















Nama sekolah              : MTs
Mata Pelajaran           : SKI
Kelas/Semester            : IX / II

Standar Kompetensi : 2. Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara
NO
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Alokasi Waktu
2.1
Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara
Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam

·      Seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam

·      Perbedaan  seni budaya lokal dari  tradisi Islam dan yang bukan dari tradisi Islam



4 X40
2.2
Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara
·      Apresiasi tradisi kesukuan Nusantara

·         Apresiasi upacara adat kesukuan Nusantara
4 X 40’ ([5])

G.    Analisis  pembahasan
1.      SK, KD dan Materi serta Alokasi Waktu
Kurikulum Nasional menetapkan beberapa standar yang harus dipenuhi oleh semua satuan pendidikan. Standar-standar itu tidak hanya menyangkut Standar Isi yang meliputi Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar maupun Standar Kompetensi Lulusan melainkan juga Standar Proses (RPP). Agar peserta didik dapat mencapai SK, KD, maupun SKL mata pelajaran SKI di Mts secara optimal,  juga perlu didukung oleh berbagai standar, salah satunya adalah standar proses.
PP nomor 19 tahun 2005 yang berkaitan dengan standar proses mengisyaratkan bahwa guru diharapkan dapat mengembangkan perencanaan pembelajaran, yang kemudian dipertegas melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses, yang antara lain mengatur tentang perencanaan proses pembelajaran yang mensyaratkan bagi pendidik pada satuan pendidikan untuk mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah progam perencanaan yang disusun sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaran untuk setiap kegiatan proses pembelajaran. RPP dikembangkan berdasarkan silabus. Dengan kata lain, RPP adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan telah dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang terdiri atas 1 (satu) atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih.[6]
Kompetensi lulusan untuk mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam menekankan pada kemampuan mengambil ibrah terhadap peristiwa penting sejarah kebudayaan Islam mulai perkembangan masyarakat Islam pada masa Nabi Muhammad SAW dan para khulafaurrasyidin, Bani Umaiyah, Abbasiyah, Al-Ayyubiyah sampai perkembangan Islam di Indonesia. Mengapresiasi fakta dan makna peristiwa-peristiwa bersejarah, dan mengkaitkannya dengan fenomena kehidupan sosial, budaya, politik, ekonomi, dan ipteks. Meneladani nilai-nilai dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam peristiwa bersejarah. 
Setelah pemakalah melihat dari SK dan KD kemudian diturunkan kepada Silabus, antara SK dan KD serta materi pembelajaran yang disertai dengan ruang lingkup dan tujuan dari Sejarah Kebudayaan Islam tersebut telah sesuai, begitu juga dengan tujuan pembelajaran pendidikan agama islam pada Sejarah Kebudayaan Islam  di MTs  dengan melihat dari taraf kemampuan siswanya,  kedalaman dan keluasan materi serta jenjang pembelajarannya sudah  sesuai, serta tidak adanya kecacatan antara program kurikulum. Dan dilihat dari landasannya juga telah sesuai yang mencakup 3 landasan yaitu:
¢  Filosofis
            Kurikulum pada hakikatnya adalah alat untuk mencapai tujuan pendidikan. Karena tujuan pendidikan sangat dipengaruhi oleh filsafat atau pandangan hidup suatu bangsa, maka kurikulum yang dikembangkan juga harus mencerminkan falsafah atau pandangan hidup yang dianut oleh bangsa tersebut.
¢  Sosiologis
            Landasan sosiologis kurikulum adalah asumsi-asumsi yang berasal dari sosiologi yang dijadikan titik tolak dalam pengembangan kurikulum. Mengapa kurikulum harus berlandaskan kepada landasan sosiologis? Anak-anak berasal dari masyarakat, mendapat pendidikan baik informal, formal, maupun nonformal dalam lingkungan masyarakat, dan diarahkan agar mampu terjun dalam kehidupan bermasyarakat. Karena itu kehidupan masyarakat dan budaya dengan segala karakteristiknya harus menjadi landasan dan titik tolak dalam melaksanakan pendidikan. Oleh karena itu tujuan, isi, maupun proses pendidikan harus disesuaikan dengan kondisi, karakteristik kekayaan, dan perkembangan masyarakat tersebut.
¢  Psikologis
  Kondisi psikologis merupakan “karakteristik psiko-fisik seseorang sebagai individu, yang dinyatakan dalam berbagai bentuk prilaku dalam interaksi dengan lingkungan”. Perilaku-perilakunya merupakan manifestasi dari ciri-ciri kehidupannya, baik yang tampak maupun yang tidak tampak,  yang menyangkut prilaku kognitif, afektif, dan psikomotoriknya.

Dan, pada pelaksanaannya di lapangan jika dianalisis lebih lanjut, Mengenai alokasi waktu pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang cakupan pembelajaran SKI di Mts  tersebut cukup luas, dengan waktu  2 X 40 menit  sudah memadai atau cukup dengan melihat alokasi waktunya yang sudah disediakan.

Menurut pemakalah yang menjadi kendala adalah metodenya, kerena metode adalah  hal yang menunjang bagi keberhasilan suatu pembelajaran, maka tugas gurulah yang harus bisa memilih dan memilah strategi apa yang cocok untuk digunakan dan pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam  tersebut,  kerena pembelajaran SKI merupakan mata pelajaran yang sering dianggap membosankan bagi sebagian besar siswa, maka perlu diadakan inovasi dan variasi  dalam proses  penyampaian pembelajaran, misalnya dengan beralih ke metode pembelajaran yang lain, selain metode ceramah yang dianggap monoton, meski terkadang metode ceramah bisa menjadi senjata yang ampuh dalam menyampaikan materi kepada siswa.
Dilihat lebih lanjut menurut analisis simpulan pemakalah pada materi pembelajaran SKI ini  masih ada kekurangannya diantaranya yaitu:
a.       Metode Sejarah Kebudayaan Islam masih menggunakan metode lama seperti ceramah meskipun kadang metode ceramah  bisa menjadi senjata ampuh dalam penyampaian materi.
b.      Kerena materi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam ini cakupannya cukup luas apalagi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam ini menuntut siswa untuk mengingat tokoh dan tahun di mata pelajaran sejarah kebudayaan islam maka seorang guru harus bisa memilih model metode apa yang cocok digunakan untuk setiap pembelajaran.
c.       Materi Sejarah Kebudayaan Islam yang diberikan ini masih belum memperhatikan minat dan kebutuhan individu dan sosial.
Ø  Mengenai metode dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam ini, banyak faktor yang mempengaruhinya dan patut dipertimbangkan. Misalnya seperti yang dikemukakan oleh Winarno Surakhmad (1979) sebagai berikut:
1.         Tujuan dengan berbagai jenis dan fungsinya.
2.         Anak didik dengan berbagai tingkat kematangannya.
3.         Situasi dengan berbagai keadaannya.
4.         Fasilitas dengan berbagai kualitas dan kuantitasnya.
5.         Pribadi guru serta kemampuan profesinya yang berbeda-beda.[7]
Karakteristik setiap mata pelajaran berbeda-beda, khususnya materi SKI yang berisikan informasi berupa data-data dan fakta sejarah, maka pemilihan metode yang tepat akan memudahkan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran dan pemilihan metode yang salah akan menghambat pencapaian tujuan pembelajaran.
Banyak metode pembelajaran yang biasa digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran khususnya untuk pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam ini, diantaranya: ceramah, diskusi, pengalaman lapangan, debat, demonstrasi, simposium, brainstorming, dan sebagainya. Dari sekian banyak metode yang biasa dilakukan di ruang belajar adalah metode ceramah (lecturing). Metode ini sangat dominan dalam paradigma belajar Teacher-centered, (pembelajaran berpusat pada guru). Dan pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam ini bisa menggunakan Alat Bantu dengar ( Audio- Visual) serta gambar gambar tentang sejarah kebudayaan islam. Selain itu, bisa ditambah dengan beralih ke metode pembelajaran yang lain, selain metode ceramah, bisa juga menggunakan metode:
a)      Metode pemberian tugas dan resitasi
b)      Metode diskusi
c)      Metode tanya jawab
d)     Metode karyawisata.[8]
Pada dasarnya Tidak ada metode pembelajaran yang terbaik untuk satu mata pelajaran tertentu. Metode yang baik ditentukan oleh banyak faktor, salah satunya adalah kesesuaian metode itu dengan karakteristik siswa dan struktur serta jenis materinya. Ukuran baik tidaknya metode adalah terletak pada seberapa efektif metode itu dipakai untuk menghantarkan siswa menguasai kompetensi yang ditentukan.
Ø  Evaluasi
Evaluasi merupakan kegiatan yang membandingkan antara hasil implementasi dengan kriteria dan standar yang telah ditetapkan untuk melihat keberhasilannya. Dari evaluasi kemudian akan tersedia informasi mengenai sejauh mana suatu kegiatan tertentu telah dicapai sehingga bisa diketahui bila terdapat selisih antara standar yang telah ditetapkan dengan hasil yang bisa dicapai.
Menurut  Wand and Brown Evaluasi yaitu Suatu tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai dari sesuatu, sesuai dengan pendapat tersebut maka evaluasi hasil belajar dapat diartikan sebagai suatu tindakan atau proses untuk menentukan nilai dari keberhasilan belajar seseorang setelah ia mengalami proses belajar selama satu priode tertentu.[9]
Dari analisis pemakalah dalam penilaian pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam ini mencakup tiga aspek yang menjadi sasaran penilaian yaitu aspek kognitif (Pengetahuan), Afektif (sikap) dan Psikomotor (Keterampilan). Penilaian dilakukan secara menyeluruh pada semua aspek baik kognitif, afektif dan psikomotor, yang dilakukan dengan kemampuan siswa pada tiap- tiap aspek tersebut.

1.      Aspek Kognitif
Yaitu ranah yang mencakup kegiatan mental (otak). Jadi kemampuan siswa yang berkaitan dengan kemampuan berpikir yang mencakup kemampuan intelektual mulai dari kemampuan mengingat sampai dengan kemampuan memecahkkan suatu masalah. Pada tiap-tiap tingkatan aspek kognitif ini pennilaian dapat dilakukan dengan jenis penilaian yang berbentuk tes diantaranya:
a.       Pertanyaan lisan dikelas; materi yang ditanyakan berupa pemahaman konsep, prinsip, dan teorima. Dengan ini diharapkan siswa mempunyai bangunan keilmuan dan landasan yang kokoh untuk mempelajari materi berikutnya.
b.      Ulangan harian; dapat dilakukan secara periodic, misalnya setiap satu atau dua materi pokok yang selesai diajarkan, guru dapat membuat soal dalam bentuk obyektif dan non obyektif, tingkat berpikir yang terlibat mencakup pemahaman, aplikasi, dan analisis.
c.       Tugas kelompok, bentuk soal yang digunakan adalah uraian dengan tingkat berpikir yang tinggi yaitu aplikasi sampai evaluasi. Para siswa dianjurkan mencari data lapangan atau pengamatan terhadap suatu fenomena, atau membuat suatu kegiatan yang terencana dan dilakukan berkelompok.
d.      Tugas individu; dapat diberikan tiap minggu dengan bentuk tugas/ uraian obyektif atau non obyektif. Tingkat berpikir yang terlibat mulai dari aplikasi, analisis, sampai sintesis dan evaluasi.
e.       Ulangan semester; ujian dilakukan pada akhir semester dengan bentuk soal ujian pilihan ganda atau uraian, campuran pilihan ganda dan uraian, tingkat berpikir mulai dari pemahaman dan evaluasi.
2.      Aspek afektif
Kemampuan afektif berhubungan dengan perasaan, emosi, sistem nilai dan sikap hati yang menunjukkkan penerimaan atau penolakan terhadap sesuatu. Jadi sikap atau tingkah laku yang dilakukan oleh siswa selama berlangsungnya proses belajar- mengajar, baik sikap terhadapp mata pelajaran, maupun sikap yang berhubungan dengan nilai nilai yang tertanam dalam materi, untuk mengukur hasil belajar yang berupa sikap paling tepat dipakai pada skala sikap. Skala sikap yaitu sejenis angket tertutup dimana pertanyaan/ pernyataan mengandung sifat sifat  dari nilai nilai yang menjadi tujuan pengajaran.
3.      Aspek psikomotor
Ranah psikomor berhubungan erat dengan kerja otot sehingga menyebabkan geraknya tubuh atau bagian- bagiannya. Ranah ini berkaitan dengan kemampuan bertindak setelah menerima pengalaman belajar tertentu. Menurut Ryan (1980) sebagaimana yang dikutip oleh Mimin Haryati (2006), dikatakan bahwa penilaian hasil belajar psikomotorik dapat dilakukan tiga cara yaitu:
a.       Melalui pengamatan langsung serta penilaian siswa selama proses belajar mengajar (praktek langsung)
b.      Setelah proses belajar mengajar yaitu dengan cara memberikan tes kepada siswa untuk mengukur pengetahuan, keteramppilan dan sikap.
c.       Beberapa waktu setelah proses belajar selesai dan kelak dalam lingkungan kerjanya.

Evaluasi Hasil Penilaian Pembelajaran SKI seorang guru SKI harus bisa melakukan evaluasi terhadap tes dan menetapkan standar keberhasilan. Jika semua siswa telah menguasai suatu kompetensi dasar maka pelajaran dapat dilanjutkan dengan materi berikutnya, dengan catatan guru memberikan perbaikan (Remedial) kepada peserta didik yang belum mencapai ketuntasan dalam menguasai kompetensi dasar.



[1] Wina Sanjaya, Kurikulum Pembelajaran, Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, cet, 3, 2010), h. 35.
[2] KTSP, SKL, SK dan KD Sejarah Kebudayaan Islam, Madrasah Tsanawiyah, VII s/d IX
[3] Lampiran Peraturan menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008, h. 48
[4] SKL, SK dan KD- Sejarah Kebudayaan Islam  VII – IX_1-2
[5] Silabus SKI VII sd IX Semester  I - II
[6] M. Hanafi, Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, 2012), h. 115.
[7] Mulyono, Strategi Pembelajaran Menuju Efektivitas Pembelajaran di Abad Global, (Malang: UIN Maliki Press, 2011) h. 92.
[8] Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010), h. 233.
[9] Wayun Nurkancana dan PPN Sunartana Evaluasi Hasil Belajar( Surabaya: Usaha Nasional, 2000) h.11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar