Minggu, 14 Juni 2015

TAKHRIJ HADIS TENTANG : PEREMPUAN MENIKAHKAN DIRINYA SENDIRI




TAKHRIJ HADIS TENTANG

PEREMPUAN MENIKAHKAN DIRINYA SENDIRI

I.                   PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG MASALAH

Secara umum seorang wanita menikah  harus dengan walinya.

Dari Aisyah berkata: Rasulullah bersabda: “seorang wanita yang menikah tanpa izin walinya maka pernikahannya adalah bathiil, batil, batil. Dan apabila mereka bersengketa maka pemerintah adalah wali bagi wanita yang tidak memiliki wali”.
Dari abu musa al-Asy’ari berkata:  Rasulullah bersabda: “Tidak sah pernikahan kecuali dengan wali”. SHAHIH
Namun wali tidak boleh menghalangi seorang janda yang sudah habis masa iddahnya, maka janganlah kamu (parawali) menghalangi’ mereka kawin lagi dengan bakal suaminya, apabila telah terdapat kerelaan di antara mereka  dengan cara yang ma’ruf (Q.S. 2:234).
Orang orang yang meninggal dunia di antaramu dengan meninggalkan istri- istri
(hendaklah para istri itu) menangguhkan dirinya (ber’iddah) empat bulan seuluh hari. Kemudian apabila telah habis iddahnya, maka tiada dosa bagimu (para wali) membiarkan mereka berbuat terhadap diri mereka menurut yang patut. Allah mengetahui apa yang kamu perbuat (Q.S.2:234).
Seandainya dari pihak wanita tidak mempunyai wali ‘ashib (ahli waris) yaitu sama sekali tidak mempunyai wali atau wali yang tidak mempunyai wali ‘ ashib, maka tak ada hak bagi seorang pun  yang menghalang halangi aqad nikahnya, baik ia kawin dengan pria sederajad atau tidak, dengan mahar mitsl atau kurang. Sebab dalam keadaan demikian, seluruh urusan dirinya menjadi tanggung jawabnya sendiri sepenuhnya. Seandainya tidak ada seorang wali yang merasa terkenal, kerena perkawinannya dengan pria yang tidak sederajat dengan sendirinya mahar mitslnya gugur, sebab  ia sudah terlepas dari wewenang wali- walinya.







B.     RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan latar belakang di atas maka dapat dirumuskan beberapa persoalan berikut?
1.   Dalam kitab-kitab mana saja terdapat hadis-hadis yang memuat tentang perempuan menikahkan dirinya sendiri?
2.   Bagaimana kualitas sanad dan matan hadis tentang perempuan menikahkan dirinya sendiri?


II.                PEMBAHASAN


(HADIS PEREMPUAN MENIKAHKAN DIRINYA SENDIRI)

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : لا تزوج المرأة المرأة , ولا تزوج المرأة نفسها , فإن الزانية هي التي تزوج نفسها . أخرجه ابن ماجه , والدارقطني والبيهقي

A.    TAKHRIJ HADIS

Secara leksikal takhrij berarti keluar, nampak, jelas. Dalam hal ini, makna takhrij yang populer digunakan ulama ialah al-istinbath (hal mengeluarkan), al-tadrib (hal melatih), dan al-taujih (hal menghadapkan atau menjelaskan).[1]
Adapun takhrij menurut terminologi ulama hadis adalah: 1. Menyebutkan hadis beserta sanadnya, mendiskusikan keadaan sanad dan matannya seperti yang terdapat dalam kitab Sunan Tirmizi dan Sunan Abu Dawud. 2. Menyebutkan jalur sanad lainnya untuk memperkuat sanad hadis yang terdapat dalam suatu kitab. 3. Mengembalikan hadis kepada kitab-kitab asalnya dengan menjelaskan kualitasnya.[2] 
Yang penulis maksud dengan takhrij hadis disini adalah mengeluarkan hadis dari sumber aslinya dengan mencantumkan sanad dan matannya kemudian menjelaskan kualitas hadis tersebut.
Syuhudi Ismail menyebutkan sedikitnya tiga hal yang menyebabkan pentingnya kegiatan takhrij dalam penelitian hadis yaitu:
1.      Untuk mengetahui asal-usul hadis yang akan diteliti
2.      Untuk mengetahui seluruh riwayat bagi hadis yang akan diteliti
3.      Untuk mengetahui ada atau tidak adanya syahid dan mutabi’ pada sanad yang diteliti.[3]
4.      Ada 5 (lima) metode yang ditawarkan ulama hadis dalam proses pelaksanaan takhrij yakni berdasarkan kitab-kitab kumpulan hadis, lafal-lafal hadis, rawi pertama, tematik dan ciri-ciri tertentu.[4] Dalam pelaksanaan takhrij kali ini penulis menggunakan metode takhrij melalui lafal-lafal hadis (takhrij bi al-fazh) dengan menggunakan kitab Mu’jam Mufahras li Alfazh al-Hadis al-Nabawi, Kutub Tis’ah yang diambil dari CD Maktabah Syamilah.
5.      Adapun potongan hadis yang menjadi objek kajian dalam penelitian ini adalah:
ولا تزوج المرأة نفسها
Berdasarkan potongan hadis di atas maka penulis menelusuri dalam kitab CD Maktabah Syamilah dengan menggunakan lafal kata kunci yakni kata
ولا تزوج المرأة نفسها






Maktabah Syamilah
ولا تزوج المرأة نفسها
جه  : Ibnu Majah (Sunan Ibnu Majah)


1.       Sunan Ibn Majah, kitab al-Nikah, no. 1956.



حَدَّثَنَا جَمِيلُ بْنُ الْحَسَنِ الْعَتَكِىُّ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مَرْوَانَ الْعُقَيْلِىُّ حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ حَسَّانَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سِيرِينَ عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « لاَ تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ الْمَرْأَةَ وَلاَ تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ نَفْسَهَا فَإِنَّ الزَّانِيَةَ هِىَ الَّتِى تُزَوِّجُ نَفْسَهَا

2.      Sunan Ibn Majah, kitab al-Nikah, no. 1882.


حدثنا جميل بن الحسن العتكي . حدثنا محمد بن مروان العتكي . حدثنا محمد بن مروان العقيلي . حدثنا هشام بن حسان عن محمد بن سيرين عن أبي هريرة قال
 : - قال رسول الله صلى الله عليه و سلم ( لا تزوج المرأة المرأة . ولا تزوج المرأة نفسها . فإن الزانية هي التي تزوج نفسها )
 في الزوائد في إسناده جميل بن الحسين العتكي . قال فيه عبدان إنه فاسق يكذب يعني في كلامه . وقال ابن عدي لم أسمع أحدا تكلم فيه غير عبدان إنه لا بأس به ولا أعلم له حديثا منكرا . وذكره ابن حبان في الثقات . وقال يغرب . وأخرج له في صحيحه هو ابن خزيمة والحاكم . وقال مسلمة الأندلسي ثقة . وباقي رجال الإسناد ثقات
 [ ش ( فإن الزانية هي التي تزوج نفسها ) أي مباشرة المرأة للعقد من شأن الزانية فلا ينبغي أن تتحقق المباشرة في النكاح الشرعي ] .
قال الشيخ الألباني : صحيح دون جملة الزانية






Mu’jam Mufahras

 






جه  : Ibnu Majah (Sunan Ibnu Majah)




3.      Sunan Ibn Majah, kitab al-Nikah, no. 1937.

حدّثنا جَمِيلُ بْنُ الْحَسَنِ الْعَتَكِيُّ . حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مَرْوَانَ الْعُقَيْلِيُّ . حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ حَسَّانَ ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سِيرِينَ ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ: «لاَ تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ الْمَرْأَةَ. وَلاَ تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ نَفْسَهَا. فَإِنَّ الزَّانِيَةَ هِيَ الَّتِي تُزَوِّجُ نَفْسَهَ.[5]




4.      Sunan Ad-Daruqurtniy, didalam Kitab An-Nikah, no. 3535

نا أَبُو طَلْحَةَ أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ الْكَرِيمِ الْفَزَارِيُّ مِنْ كِتَابِهِ , نا جَمِيلُ بْنُ الْحَسَنِ أَبُو الْحَسَنِ الْجَهْضَمِيُّ , نا مُحَمَّدُ بْنُ مَرْوَانَ الْعُقَيْلِيُّ , نا هِشَامُ بْنُ حَسَّانَ , عَنْ مُحَمَّدٍ , عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ , قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:  «لَا تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ الْمَرْأَةَ وَلَا تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ نَفْسَهَا فَإِنَّ الزَّانِيَةَ هِيَ الَّتِي تُزَوِّجُ نَفْسَهَا»[6]
5.      Sunan Ad-Daruqurtniy, didalam Kitab An-Nikah, no. 3536
نا أَبُو بَكْرٍ الطَّلْحِيُّ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يَحْيَى بِالْكُوفَةِ , نا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الْمَسْرُوقِيُّ , نا عُبَيْدُ بْنُ يَعِيشَ , ح وَنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَلِيِّ بْنِ الْحُسَيْنِ بْنِ عَلِيٍّ الْخَلَّالُ , نا عَبْدُ الْكَرِيمِ بْنُ الْهَيْثَمِ , نا عُبَيْدُ بْنُ يَعِيشَ , نا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مُحَمَّدٍ الْمُحَارِبِيُّ , عَنْ عَبْدِ السَّلَامِ بْنِ حَرْبٍ , عَنْ هِشَامٍ , عَنِ ابْنِ سِيرِينَ , [ص:326] عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ , عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:  «لَا تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ الْمَرْأَةَ , وَلَا تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ نَفْسَهَا». وَكُنَّا نَقُولُ: إِنَّ الَّتِي تُزَوِّجُ نَفْسَهَا هِيَ الْفَاجِرَةُ.[7]


6.      Sunan Ad-Daruqurtniy, didalam Kitab An-Nikah, no. 3539
نا مُحَمَّدُ بْنُ مَخْلَدٍ , نا أَحْمَدُ بْنُ مَنْصُورٍ زَاجٌ أنا النَّضْرُ بْنُ شُمَيْلٍ , أنا هِشَامُ بْنُ حَسَّانَ , عَنِ ابْنِ سِيرِينَ , عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ , قَالَ:  «لَا تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ الْمَرْأَةَ , وَلَا تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ نَفْسَهَا , وَالزَّانِيَةُ هِيَ الَّتِي تُنْكِحُ نَفْسَهَا بِغَيْرِ إِذَنْ وَلِيِّهَا»[8]


7.      Sunan Al-Kubra Baihaqiy, didalam kitab La Nikahaha Illa bi Waliyyinno. 13632

أَخْبَرَنَا أَبُو سَعِيدٍ عُثْمَانُ بْنُ عَبْدُوسِ بْنِ مَحْفُوظٍ الْفَقِيهُ، ثنا أَبُو مُحَمَّدٍ يَحْيَى بْنُ مَنْصُورٍ الْقَاضِي، ثنا الْحَسَنُ بْنُ سُفْيَانَ، ثنا مُسْلِمُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْجَرْمِيُّ، ثنا مَخْلَدُ بْنُ حُسَيْنٍ، عَنْ هِشَامِ بْنِ حَسَّانَ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سِيرِينَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " لَا تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ الْمَرْأَةَ، وَلَا تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ نَفْسَهَا، إِنَّ الْبَغِيَّةَ الَّتِي تُزَوِّجُ نَفْسَهَا " قَالَ الْحَسَنُ: وَسَأَلْتُ يَحْيَى بْنَ مَعِينٍ، عَنْ رِوَايَةِ مَخْلَدِ بْنِ حُسَيْنٍ، عَنْ هِشَامِ بْنِ [ص:178] حَسَّانَ، فَقَالَ: ثِقَةٌ، فَذَكَرْتُ لَهُ هَذَا الْحَدِيثَ قَالَ: نَعَمْ، قَدْ كَانَ شَيْخٌ عِنْدَنَا يَرْفَعُهُ عَنْ مَخْلَدٍ قَالَ الشَّيْخُ: تَابَعَهُ عَبْدُ السَّلَامِ بْنُ حَرْبٍ، وَمُحَمَّدُ بْنُ مَرْوَانَ الْعُقَيْلِيُّ، عَنْ هِشَامٍ[9]


8.      Sunan Al-Kubra Baihaqiy, didalam kitab La Nikahaha Illa bi Waliyyinno.13634
أَخْبَرَنَا أَبُو عَبْدِ اللهِ الْحَافِظُ، ثنا أَبُو عَلِيٍّ حُسَيْنُ بْنُ عَلِيٍّ الْحَافِظُ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ بْنِ خُزَيْمَةَ، نا جَمِيلُ بْنُ الْحَسَنِ الْجَهْضَمِيُّ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ مَرْوَانَ الْعُقَيْلِيُّ، ثنا هِشَامُ بْنُ حَسَّانَ، عَنْ مُحَمَّدٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: " لَا تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ الْمَرْأَةَ، وَلَا تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ نَفْسَهَا، فَإِنَّ الزَّانِيَةَ هِيَ الَّتِي تُزَوِّجُ نَفْسَهَا"[10]

9.      Sunan Al-Kubra Baihaqiy, didalam kitab La Nikahaha Illa bi Waliyyinno.13635
أَخْبَرَنَا أَبُو عَبْدِ اللهِ الْحَافِظُ، وَأَبُو عَبْدِ اللهِ إِسْحَاقُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ يُوسُفَ السُّوسِيُّ، وَأَبُو بَكْرٍ أَحْمَدُ بْنُ الْحَسَنِ الْقَاضِي، وَأَبُو سَعِيدِ بْنُ أَبِي عَمْرٍو، وَأَبُو صَادِقِ بْنُ أَبِي الْفَوَارِسِ قَالُوا: ثنا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوبَ، ثنا بَحْرُ بْنُ نَصْرٍ، ثنا بِشْرُ بْنُ بَكْرٍ، أنبأ الْأَوْزَاعِيُّ، عَنِ ابْنِ سِيرِينَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: " لَا تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ الْمَرْأَةَ، وَلَا تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ نَفْسَهَا، فَإِنَّ الزَّانِيَةَ هِيَ الَّتِي تُزَوِّجُ نَفْسَهَا " هَذَا مَوْقُوفٌ، وَكَذَلِكَ قَالَهُ ابْنُ عُيَيْنَةَ، عَنْ هِشَامِ بْنِ حَسَّانَ، عَنِ ابْنِ سِيرِينَ، وَعَبْدُ السَّلَامِ بْنُ حَرْبٍ قَدْ مَيَّزَ الْمُسْنَدَ مِنَ الْمَوْقُوفِ، فَيُشْبِهُ أَنْ يَكُونَ قَدْ حَفِظَهُ، وَاللهُ تَعَالَى أَعْلَمُ[11]

B. I’TIBAR HADIS
Setelah dilakukan takhrij hadisdengan menggunakan tiga sumber pelacakan hadis maka langkah berikutnya adalah melakukan i’tibar yakni meneliti semua jalur hadis yang memiliki teks yang sama (bi al-lafzi) maupun maknanya serupa (bi al-ma’na) untuk melihat ada tidaknya pendukung (corraboration) berupa periwayat yang berstatus syahid (pendukung pada tingkat sahabat) atau mutabi’ (pendukung bukan dari sahabat) atau hadis tersebut menyendiri (fard).[12]
Dengan ditemukannya jalur periwayat lain baik yang berstatus sebagai syahid maupun mutabi’ akan semakin menguatkan kedudukan hadis tersebut. Apabila jalur periwayat yang semula berstatus dhaif, misalnya, maka derajatnya dapat naik menjadi hasan li ghairihi atau apabila jalur sanadnya yang semula berstatus hasan, dengan adanya syahid atau mutabi’ maka hadis tersebut dapat naik statusnya menjadi hadis shahih li ghairihi.[13] Karenanya, i’tibar mesti dilakukan untuk mengetahui tingkat akurasi periwayatan hadis.
Dalam hal ini, untuk lebih merepresentasikan hadis Nabi berkenaan dengan tata cara dan kebiasaan makan beliau maka semua jalur sanad hadisdijadikan bahan i’tibar. Berikut adalah skema i’tibaryang dimaksud.










































ابن ماجه و 275
محمد صلى الله عليه وسلم
ابو هريرةو 57
هشام بن حسانو 147
محمد بن مروان
جميل بن حسن
أحمد بن منصور
عبد السلام بن حرب و 187
عبد الرحمن بن محمد المحاربو 195
عبيد بن يعيش
عبد الكريم بن هشم
عبد الله بن على
عبيد بن يعيش

محمد بن عبدالله المشرق
أبو بكر الطلحى عبدالله بن يحي
دارقطنى
محمد بن مخلد
مخلد بن حسين و 191
مسلم بن عبدالرحمن
حسن بن سفيان
ابو محمد يحي بن منصور
ابو سعيد عثمان بن عبدوس
محمد بن اسحاق
ابو على حسن بن على الحافظ
ابو عبدالله الحافظ
الأوزعى
بشر بن بكر
بحر بن نصر
ابو عباس محمد بن يعقوب
ابو صادق بن ابن ابى الفوارس
ابو طلحه احمد بن محمد
ابو سعيد بن عمر
ابو بكر احمد بن حسن
ابو عبدالله اسحاق بن محمد
بيهقى
محمد بن سرينو 110
Kuning: Thabaqat Pertama
Orange            : Thabaqat Ketiga
Hijau   : Thabaqat Keenam
Merah  : Thabaqat Kedelapan
Biru     : Thabaqat Kesembilan
Ungu   : Thabaqat Kesepuluh
وو
وو
وو
ثنا
ثنا
ثنا
أنبأ
عن
عن
عن
ثنا
ثنا
عن
ثنا
ثنا
ثنا
ثنا
أخبرنا
أخبرنا
أخبرنا
ثنا
ثنا
نا
نا
نا
نا
نا
نا
نا
نا
نا
نا
نا
عن
عن
أنا
حدثنا
حدثنا/نا
حدثنا/نا
 




































Berdasarkan skema jalur sanad hadis diatas dapat disimpulkan:
1.      Setelah memperhatikan skema jalur sanad, secara menyeluruh mengamati seluruh rangkaian dari sanad hadis pada i’tibar di atas, diketahui bahwa tidak terdapat jalur periwayatan yang berkedudukan sebagai syahid sebab pada perawi sahabat hanya ditemukan seorang perawi pada semua jalur sanad yakni Abu Hurairah.
2.      Para periwayat dari jalur sanad Ad-Daruqutniy dan Al-Baihaqiy, kebanyakan sebagian besar perawinya sulit ditemukan riwayat hidupnya atau tidak ditemukan biografi singkatnya didalam kitab-kitab, seperti kitab tahdzib at-tahdzib, taqrib at-tahdzib, tahdzib al-kamal fi al-asma fi ar-rijal, dll. Kecuali jalur sanad dari Ibnu Majah, riwayat hidup para perawinya jelas dan saling berhubungan antara guru dengan murid sampai kepada Rasulullah.
Adapun lambang yang digunakan dalam seluruh jalur periwayatan adalah عن, حدثنا, نا, أخبرنا, ثنا، أنا، أنبأنا.

. KRITIK SANAD DAN MATAN HADIS
Dalam penelitian ini, jalur hadis yang akan diteliti adalah jalur riwayat Ibnu Majah dari Jamil bin Hasan al-Atkiy.
Jalur periwayatan Ibnu Majah berbunyi:
حدّثنا جَمِيلُ بْنُ الْحَسَنِ الْعَتَكِيُّ . حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مَرْوَانَ الْعُقَيْلِيُّ . حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ حَسَّانَ ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سِيرِينَ ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ: «لاَ تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ الْمَرْأَةَ. وَلاَ تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ نَفْسَهَا. فَإِنَّ الزَّانِيَةَ هِيَ الَّتِي تُزَوِّجُ نَفْسَهَ.[14]
Diriwayatkan dari Jamil bin Hasan al-Atkiy, menceritakan kepada kami Muhammad bin Marwan al-Uqailiy, menceritakan kepada kami Hisyam bin Hassan, dari Muhammad bin Sirin, dari Abu Hurairah mengatakan: Rasulullah saw berkata: Seorang wanita tidak boleh menikahkan wanita lainnya. Seorang wanita juga tidak berhak menikahkan dirinya sendiri. Sebab, sesungguhnya wanita penzina itu adalah (seorang wanita) yang menikahkan dirinya sendiri”.


1. Kritik Sanad
Dalam kaedah kesahihan hadis dinyatakan bahwa syarat hadis yang dinilai shahih apabila memenuhi lima kriteria[15] yakni:
  1. Apabila sanad hadis tersebut bersambung mulai dari mukharrijnya sampai kepada Nabi.
  2. Seluruh perawi pada jalur sanad tersebut bersifat adil
  3. Seluruh perawi bersifat dhabit
  4. Tidak terdapat syadz
  5. Tidak terdapat ‘illah
Dengan kriteria diatas dapat dinilai tingkat kualitas suatu hadis. Apabila suatu hadis memenuhi semua kriteria tersebut maka ia dinilai shahih namun bila salah satu kriteria tidak terpenuhi maka akan dinilai dhaif. Tiga kriteria pertama berkenaan secara dengan kritik sanad sedang dua kriteria terakhir berkaitan dengan sanad dan matan. Untuk mengetahui kualitas persambungan sanad dan ke’adilan serta kedhabitan para perawinya dilakukan penelitian tentang biografi perawi. Adapun jalur periwayatan sanad yang hendak penulis teliti dalam penelitian ini hanya mengangkat jalur sanad dari Ibnu Majah, karena kejelasan biografi masing-masing perawinya yang lengkap. Sedangkan jalur sanad dari Baihaqiy dan Daruqutniy, setelah ditelusuri diberbagai macam kitab kumpulan biografi riwayat hidup perawi hadits tidak juga ditemukan riwayat hidup perawinya. Berikut  akan dipaparkan mengenai biografi perawi hadis yang menjadi fokus penelitian.
a.       Biografi para Perawi Hadis
Dalam menilai kualitas ketersambungan sanad hadis mulai dari perawi awal sampai pada mukharrijhadis, ulama mengandalkan kitab-kitab biografi perawi hadis. Ketersambungan sanad dapat ditentukan melalui tahun lahir dan wafat seorang perawi, tempat tinggalnya, perjalanannya dalam menuntut ilmu dan yang penting juga adalah hubungan guru dan murid antar perawi hadis. Sedang keadilan dan kedhabitan perawi didapat dari informasi penulis kitab biografi perawi tentang sifat, sikap dan kemampuan daya ingatnya selama meriwayatkan hadis.
Untuk kesempurnaan biodata para perawi hadis, penulis berusaha menggabungkan data biografi perawi dari kitab-kitab rijal hadis dengan informasi  yang diambil dari kitab tahdzib at-tahdzib, taqrib at-tahdzib, dan tahdzib al-kamal fi al-asma fi ar-rijal.
Berikut adalah biografi semua perawi hadis yang tengah diteliti:
1. Jalur Riwayat Ibnu Majah
a. Ibnu Majah
Ibnu Majah adalah nama nenek moyang yang berasal dari kota Qazwin, salah satu kota di Iran. Nama lengkap imam hadits yang terkenal dengan sebutan neneknya ini adalah Abu ‘Abdillah Muhammad bin Yazid ar-Raba’I al-Qazwini Ibnu Majah. Ia dilahirkan di Qazwin pada tahun 207 H (824 M). ia wafat hari Selasa, bulan  Ramadhan, tahun 273 H (887 M).
Sebagaimana para Muhadditsin yang dalam mencari hadits-hadits memerlukan perantauan ilmiah, ia pun berkeliling dibeberapa negeri untuk menemui dan berguru hadits kepada para ulama hadits.
Dari tempat perantauan itu, ia bertemu dengan murid-murid Imam Malik dan Al-Laits, dan dari merekalah, ia banyak memperoleh hadits. Hadits-haditsnya banyak diriwayatkan oleh orang banyak.
Ibnu Majah menyusun kitab Sunan yang kemudian terkenal dengan namaSunan Ibnu Majah. Sunan ini merupakan salah satu sunan yang empat. Dalam sunan ini banyak terdapat hadits dhaif. Bakan tidak sedikit hadits yang munkar.
Al-Hafidh Al-Muziy berpendapat bahwa hadits-hadits gharib gharib yang terdapat dalam Sunan ini kebanyakan adalah dhaif. Karena itulah, para ulama mutaqaddimin memandang bahwa kitab Muwattha Imam Malik menduduki pokok kelima, bukan Sunan Ibnu Majah.
Selama hidupnya, Ibnu Majah banyak menghasilkan karya, diantaranya Tafsir al-Qur’an Al-Karim, At-Tarikh, dan Sunan Ibnu Majah.[16]
Penilaian kritikus hadis terhadapnya. Al-Khalili menyatakan tsiqah.[17]

b.      Jamil bin Hasan
Nama lengkapnya adalah Jamil bin Hassan bin Jamil al-Azdiy al-Atkiy, gelarnya adalah Mahbub.Diantara guru-gurunya adalah ‘Abdul A’la bin Abdul A’la, Huzail bin Hakam, Muhammad bin Marwan al-Uqailiy, Abdul Wahab ats-Tsaqafiy, Ibnu Uyaynah, dan Muhammah bin Hasan al-Qursyi dll.
Diantara murid-muridnya adalah Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah, Abu Arubah, Dzakaria as-Sajiy, Abu Bakr bin Abi Daud, al-Qadhiy, dan Abu Amr Muhammad bin Yusuf dll.
Penilaian kritikus terhadapnya. Ibnu ‘Adiy mengatakan: “Aku mendengar Abdan dan bertanya, katanya itu Jamil bin Hasan adalah orang yang fasiq dan pembohong”[18]

c.       Muhammad bin Marwan
Nama lengkapnya adalah Muhammad bin Marwan bin Qudamah al-‘Uqayli, Abu Bakar al-Bushiriy.
Diantara guru-gurunya adalah Said al-Maqbariy, Yunus bin Ubaid, Daud bin Abiy Hindi, Abdul Malik bin Abiy Nadhrah, Hisyam bin Hassan, ‘Umarah bin Abiy Hafshah, Handzalah as-Sudusiy dll.
Diantara murid-muridnya adalah Masdad, Yahya bin Main, Jamil bin Hasan, Siyar bin Hatim, Muhammad bin Abi Bakar al-Muqriy, Abdullah bin Yusuf al-Jaidziy, Ahmad bin ‘Ubaidillah al-Gadaniy, Abu Bakar bin Abiy Syaibah, Abu Musa Muhammad bin al-Matsna, Muhammad bin Abiy Surya al-‘Asqalaniy, Nash bin Ali al-Juhdhamiy dll.
Diantara murid-muridnya Ibrahim bin Dzakariya, Ibrahim bin Mahdiy, Ahmad bin Ibrahim ad-Dauraqiy, Ahmad bin Ubaidillah al-Ghadaniy, Jamil bin Hasan al-Atkiy, Siyar bin Hatim, dll.
Penilaian kritikus terhadapnya. Al-Ajra mengatakan dari Abiy Daud, ia adalah orang yang dipercaya. Ibnu Hajar menduga ia orang yang dipercaya.[19]


d.      Hisyam bin Hassan
Nama lengkapnya adalah Hisyam bin Hasan al-Adzdiy al-Qurdusiy. Ia wafat pada tahun 147 atau 148 H.
Diantara guru-gurunya adalah Anas bin Sirin, Ayyub bin Musa al-Qursyi, Hasan al-Bashri, Hamid bin Hilal, Abiy Ma’syar Dziyad bin Kulaib, Suhail bin Abiy Shalih, Abdullah bin Dahqan, Abdullah bin Shuhaib, dll.
Diantara murid-muridnya adalah Ibrahim bin Thahman, Asbat bin Muhammad al-Qursyi, Ismail bin ‘Aliyah, Aswad bin Amir Syadzdzan, Jarir bin Abdul Hamid, Hafash bin Ghiyats, Abu Usamah Hammad bin Usamah, Hammad bin Dzaid, dll.
Penilaian kritikus terhadapnya. Abu Abdullah al-Bushiry: tsiqqah. Ibnu Hajar: tsiqqah.[20]

e.       Muhammad bin Sirin
Nama lengkapnya adalah Muhammad bin Sirin al-Anshariy, Ia wafat pada tahun 110 H.
Diantara guru-gurunya adalah Abu Hurairah, Anas bin Malik, Jundub bin Abdullah al-Bajla, Hudzaifah bin Yaman, Hasan bin Aliy bin Abiy Thalib, Hamid bin Abdurrahman al-Humaira, dll.
Diantara murid-muridnya adalah Asma bin Ubaid adh-Dhab’iy, Asy’ats bin Abdul Malik, Ayyub as-Sakhtiyani, Busthami bin Muslim, Hisyam bin Hasan al-Adzdiy al-Qurdusiy, Jarir bin Hadzim, Habib bin Syahid, Hasan bin Dzakwan, Daud bin Abi Hindi, dll.
Penilaian kritikus terhadapnya. Abu Bakar bin Abiy Amrah al-Bushiriy: tsiqqah, Ibnu Jarir: tsiqqatun tsabbitun kabirun al-qadr, Ia tidak melihat riwayat dengan ma’na.[21]

f.       Abu Hurairah

Nama lengkapnya adalah Abu Hurairah bin ‘Amir bin Abd Dzi al-Syariy bin Tharif bin ‘Itab bin Abi Sha’b bin Munabbih bin Sa’ad bin Sulaim bin Fahm bin Ghanam bin Daus bin ‘Adnan bin Abdullah bin Zahran bin Ka’ab al-Dausi.
Abu Hurairah menerima hadis dari Abu Bakar, Umar, Ubay bin Ka’ab, Aisyah, Ka’ab al-Ahbar dan lainnya. Sedang perawi yang menerima hadis darinya adalah anaknya sendiri bernama al-Muharrar, Ibn Umar, Ibn Abbas, dan lainnya.
Penilaian para ulama hadis. Bukhari mengatakan bahwa hadis dari Abu Hurairah diriwayatkan oleh sekitar 800 orang ahli hadis dan ia adalah orang yang paling hafal pada masanya. Abi Khaitsamah dari Sa’id bin Abi al-Hasan mengatakan: tidak ada sahabat yang paling banyak hafal hadis selain Abu Hurairah.[22]

Berikut ini adalah biodata dan kritik para perawi hadis dari jalur yang tengah diteliti yakni riwayat Ibnu Majah, yang penulis lacak dari Aplikasi Program Maktabah Syamilah:
الجرح
 و التعديل

تلميذ
شيخ
ترجمة
رواة الحديث
المخرج
نمرة
رتبته عند ابن حجر :  صدوق يخطىء ، أفرط فيه عبدان
رتبته عند الذهبي :  قال عبدان : فاسق يكذب ـ أى فى كلامه
إبن ماجه محمدابنيزيدالربعيبفتحالراءوالموحدةالقزوينيأبوعبدالله
سفيان بن عيينة بن أبى عمران : ميمون الهلالى ، أبو محمد الكوفى ، المكى ، مولى محمد بن مزاحم ( أخى الضحاك بن مزاحم )
جميل بن الحسن بن جميل الأزدى العتكى الجهضمى ، أبو الحسن البصرى
الطبقة :  10 : كبار الآخذين عن تبع الأتباع
روى له :  ق  ( ابن ماجه )

جميل بن حسن
إبن ماجه

1
رتبته عند ابن حجر :  صدوق له أوهام
رتبته عند الذهبي :  قال أبو زرعة : ليس بذاك

جميل بن الحسن بن جميل الأزدى العتكى الجهضمى ، أبو الحسن البصرى

هشام بن حسان الأزدى القردوسى ، أبو عبد الله البصرى
الاسم : محمد بن مروان بن قدامة العقيلى ، المعروف بالعجلى ، أبو بكر البصرى
الطبقة :  8  : من الوسطى من أتباع التابعين
روى له :  خد ق  ( أبو داود في الناسخ والمنسوخ - ابن ماجه )
محمد بن مروان
رتبته عند ابن حجر :  ثقة ، من أثبت الناس فى ابن سيرين ، و فى روايته عن الحسن و عطاء مقال لأنه قيل كان يرسل عنهما
رتبته عند الذهبي :  الحافظ
محمد بن مروان بن قدامة العقيلى ، المعروف بالعجلى ، أبو بكر البصرى
محمد بن سيرين الأنصارى ، أبو بكر بن أبى عمرة البصرى ، مولى أنس بن مالك ( أخو أنس و معبد و حفصة و كريمة )
الاسم : هشام بن حسان الأزدى القردوسى ، أبو عبد الله البصرى
الطبقة :  6  : من الذين عاصروا صغارالتابعين
الوفاة :  147 أو 148 هـ
روى له :  خ م د ت س ق  ( البخاري - مسلم - أبو داود - الترمذي - النسائي - ابن ماجه )
هشام بن حسان
رتبته عند ابن حجر :  ثقة ثبت كبير القدر ، كان لا يرى الرواية بالمعنى
رتبته عند الذهبي :  ثقة حجة ، أحد الأعلام ، كبير العلم


هشام بن حسان الأزدى القردوسى ، أبو عبد الله البصرى
أبو هريرة الدوسى اليمانى ( حافظ الصحابة ، اختلف فى اسمه و اسم أبيه اختلافا كثيرا )

الاسم : محمد بن سيرين الأنصارى ، أبو بكر بن أبى عمرة البصرى ، مولى أنس بن مالك ( أخو أنس و معبد و حفصة و كريمة )
الطبقة :  3  : من الوسطى من التابعين
الوفاة :  110 هـ
روى له :  خ م د ت س ق  ( البخاري - مسلم - أبو داود - الترمذي - النسائي - ابن ماجه )

محمد بن سرين
رتبته عند ابن حجر :  صحابى
رتبته عند الذهبي :  صحابى ، كان حافظا متثبتا ذكيا مفتيا ، صاحب صيام و قيام

محمد بن سيرين الأنصارى ، أبو بكر بن أبى عمرة البصرى ، مولى أنس بن مالك ( أخو أنس و معبد و حفصة و كريمة )
النبى محمد صلى الله عليه وسلم

الاسم : أبو هريرة الدوسى اليمانى ( حافظ الصحابة ، اختلف فى اسمه و اسم أبيه اختلافا كثيرا )
الطبقة :  1 : صحابى
الوفاة :  57 هـ ( 58 أو 59 هـ قيل ذلك )
روى له :  خ م د ت س ق  ( البخاري - مسلم - أبو داود - الترمذي - النسائي - ابن ماجه )

أبي هريرة

b.  Analisa Kualitas Sanad
Berdasarkan data biografi para perawi yang telah dipaparkan pada bagan diatas dapat disimpulkan:
1. Hadis dengan jalur riwayat Ibnu Majah dapat dinilai bersambung dengan beberapa sebab yakni: a. Dari segi umur maupun thabaqat, antara satu perawi dengan perawi lainnya terdapat jarak yang memungkinkan mereka untuk bertemu. Jarak terpanjang adalah antara perawi Hisyam bin Hassan dengan Muhammad bin Sirin yakni ada 2 thabaqat yang terlampaui yaitu Hisyam bin Hassan berada di tahabaqat ke 6 dan Muhammad bin Sirin berada di thabaqat ke 3, sedang perawi lainnya lebih pendek jarak waktunya. b. Dari segi hubungan antara guru dan murid nampak semua perawi adalah guru dan murid bagi perawi lainnya. Dengan fakta di atas, dapat dinyatakan bahwa jalur hadis tersebut bersambung.
2. Dari segi ke’adalahan dan kedhabitan, dapat dinyatakan bahwa jalur riwayat Ibnu Majah memiliki illat atau cacat. Hal ini didasarkan dari penilaian seluruh kritikus yang menyatakan bahwa pada riwayat Ibnu Majah terdapat perawi yang memiliki illat atau kecacatan yaitu Jamil bin Hasan, dikatakan ‘Abdan adalah seorang yang pasik dan pendusta. Meski beberapa perawi diatasnya dinyatakan shuduq dan tsiqqah, akan tetapi setelah melihat pernyataan para kritikus yang menyatakan demikian, maka dapat disimpulkan sanad dari jalur Ibnu Majah ini adalah dhaif atau lemah.

2. Kritik Matan.
Sebagaimana dijelaskan terdahulu, kaedah kesahihan matan hadis terdiri dari dua hal yakni terbebas dari syadz dan ‘illah hadis. Syadz menurut pengertian ulama hadis adalah hadis yang diriwayatkan perawi maqbul bertentangan dengan riwayat perawi yang kuat. Sedang ‘illah adalah hadis yang lahirnya tampak selamat dari kecacatan namun setelah diteliti akan nampak cacatnya baik karena memaushulkan yang mursal, memarfu’kan yang mauquf atau memasukkan hadis pada hadis lainnya dan lainnya.[23]
Menurut Syuhudi, ada tiga langkah yang harus dilakukan dalam penelitian matan yakni; 1. Meneliti matan dengan melihat kualitas sanadnya, 2. Meneliti susunan lafal berbagai matan yang semakna, 3. Meneliti kandungan matan.[24] Meneliti susunan lafal berkaitan dengan unsur ke’illahan hadis sedang meneliti kandungan matan berkenaan dengan kesyadzan hadis
Berdasarkan langkah metodologis dalam penelitian matan tersebut, Arifuddin Ahmad kemudian merincinya dengan memasukkan kaedah minor dalam syadz dan ‘illah pada matan hadis. Unsur kaedah minor syadz, menurutnya, adalah adalah 1. Sanad hadis bersangkutan tidak menyendiri; 2. Matan hadis bersangkutan tidak bertentangan dengan matan hadis yang sanadnya lebih kuat; 3 Matan hadis bersangkutan tidak bertentangan dengan al-Qur’an; dan 4. Matan hadis bersangkutan tidak bertentangan dengan akal dan fakta sejarah.[25] Di sisi lain, al-Adhlaby menyebutkan bahwa suatu matan hadis dapat diterima kehujjahannya apabila: (1) Tidak bertentangan dengan Alquran; (2) tidak bertentangan dengan hadis lainnya yang lebih kuat; (3) tidak bertentangan dengan indera, akal sehat dan fakta sejarah; dan (4) matan hadis menunjukkan ciri-ciri sabda kenabian.[26]
Sedang kaidah minor matan hadis yang mengandung ‘illah adalah 1. Matan hadis bersangkutan tidak mengandung idraj[27] (sisipan); 2. Matan hadis bersangkutan tidak mengandung ziyadah[28] (tambahan); 3. Tidak terjadi maqlub[29] (pergantian lafal atau kalimat) bagi matan hadis bersangkutan; 4. Tidak terjadi idhthirab (pertentangan yang tidak dapat dikompromikan) bagi matan hadis bersangkutan; dan 5. Tidak terjadi kerancuan lafal dan penyimpangan makna yang jauh dari matan hadis bersangkutan. Jika ‘illah hadis itu mengandung pertentangan dengan hadis lain yang lebih kuat, maka matan hadis tersebut sekaligus mengandung syudzudz.[30]
Untuk meneliti kesahehan matan, penulis menggunakan kaedah metodologis yang dikemukakan Syuhudi Ismail di atas.

1. Meneliti kualitas sanad
Sebagaimana dijelaskan di atas, jalur sanad hadis yang diteliti yakni Ibn Majah berkualitas dhaif.
2. Meneliti susunan lafal berbagai matan yang semakna
Berdasarkan hadis yang disebutkan di atas, terdapat 7 hadis dari 3 kitab hadis dengan berbagai variannya. Pada riwayat Ibnu Majah terdapat 1 hadis, Baihaqiy 3 hadis, dan Daruquthniy 3 hadis. Di sini penulis berusaha membandingkan matan hadis yang tengah dikaji pada penelitian sanad hadis yakni riwayat Ibnu Majah dari Jamil bin Hasan dengan berbagai matan hadis dari jalur sanad lainnya.


Varian
III
Varian
II
Varian
I

المخرج
فَإِنَّ الزَّانِيَةَ هِيَ الَّتِي تُزَوِّجُ نَفْسَهَ
وَلاَ تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ نَفْسَهَا
لاَ تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ الْمَرْأَةَ
1.      إبن ماجه
فَإِنَّ الزَّانِيَةَ هِيَ الَّتِي تُزَوِّجُ نَفْسَهَا
وَلَا تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ نَفْسَهَا
لَا تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ الْمَرْأَةَ
2.      درقطني
 وَكُنَّا نَقُولُ: إِنَّ الَّتِي تُزَوِّجُ نَفْسَهَا هِيَ الْفَاجِرَةُ
وَلَا تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ نَفْسَهَا
لَا تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ الْمَرْأَةَ
3.      درقطني
وَالزَّانِيَةُ هِيَ الَّتِي تُنْكِحُ نَفْسَهَا بِغَيْرِ إِذَنْ وَلِيِّهَا
وَلَا تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ نَفْسَهَا
لَا تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ الْمَرْأَةَ
4.      درقطني
إِنَّ الْبَغِيَّةَ الَّتِي تُزَوِّجُ نَفْسَهَا
وَلَا تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ نَفْسَهَا
لَا تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ الْمَرْأَةَ
5.      بيهقى
فَإِنَّ الزَّانِيَةَ هِيَ الَّتِي تُزَوِّجُ نَفْسَهَا
وَلَا تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ نَفْسَهَا
لَا تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ الْمَرْأَةَ
6.      بيهقى
فَإِنَّ الزَّانِيَةَ هِيَ الَّتِي تُزَوِّجُ نَفْسَهَ
وَلَا تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ نَفْسَهَا
لَا تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ الْمَرْأَةَ
7.      بيهقى

Perlu dijelaskan bahwa varian I sampai III merupakan kutipan matan hadis secara lengkap berdasarkan jalur perawinya. Sedang perawi pertama yakni Ibn Majah merupakan periwayat yang hadisnya menjadi focus kajian.
Ada beberapa hal yang perlu ditegaskan:
a. Seluruh hadis tersebut adalah hadis qauliyah yakni perkataan Nabi yang direkam oleh sahabat Abu Hurairah terkait dengan ketentuan dan syarat pernikahan. Ketersendirian Abu Hurairah dalam meriwayatkan hadits dari Nabi adalah merupakan hal yang wajar, karena Abu Hurairah disetiap hari-harinya selalu mendampingi Rasulullah dan banyak merekam perakataan dari Rasulullah.
b. Hadis tersebut diceritakan Abu Hurairah kepada muridnya dalam satu versi yang sama namun kemudian diriwayatkan oleh muridnya yakni Muhammad bin Sirin atau perawi yang berada di bawahnya dengan berbagai versi. Berdasarkan kajian terhadap matan hadis, ada empat versi hadis yang berbeda dimana masing-masing memiliki ciri tertentu. Hadis dari jalur sanad Daruquthniydari perawi Muhammad bin Khalad memiliki tambahan kalimat yang disandarkan padanya yakni kata وَالزَّانِيَةُ هِيَ الَّتِي تُنْكِحُ نَفْسَهَا بِغَيْرِ إِذَنْ وَلِيِّهَا. Kemudian Daruquthniy dari Abu Bakar ath-Thalhiy Abdullah bin Yahya juga terdapat penambahan kalimat yang berbeda dengan yang lainnya yaitu وَكُنَّا نَقُولُ: إِنَّ الَّتِي تُزَوِّجُ نَفْسَهَا هِيَ الْفَاجِرَةُDengan ciri khas ini menunjukkan bahwa riwayat Daruquthniy dari Muhammad bin Khalad dan dari Abu Bakar ath-Thalhiy Abdullah bin Yahya terdapat penambahan teks yang berbeda dengan teks matn dari periwayat lainnya. Sedang versi yang lebih masyhur adalah فَإِنَّ الزَّانِيَةَ هِيَ الَّتِي تُزَوِّجُ نَفْسَهَا  yaitu seperti yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan Baihaqiy tanpa ada tambahan kalimat lagi sesudahnya. Karena tidak terdapat jalur lain dari Abu Hurairah maka ada beberapa kemungkinan yang dapat ditarik yakni Versi lengkap hadis tersebut adalah dari Ibnu Majah yang disandarkan pada Jamil bin Hasan. Kemudian didukung dengan Versi dari Baihaqiy yang memiliki kesamaan pada konteks matnnya dengan matn yang diterima Ibnu Majah dari Jamil bin Hasan. Dan jalur dari riwayat Ibnu Majah para rijalnya lebih sedikit dibanding dengan jalur lainnya, menunjukkan ketersambungannya sampai kepada perawi pertama (Abu Hurairah) lebih dekat.
Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa versi lengkap matn yang sebenarnya adalah .لاَ تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ الْمَرْأَةَ. وَلاَ تُزَوِّجُ الْمَرْأَةُ نَفْسَهَا. فَإِنَّ الزَّانِيَةَ هِيَ الَّتِي تُزَوِّجُ نَفْسَهَyang diriwayakan oleh Ibnu Majah dan Baihaqiy.

c. Tidak ada pertentangan antara satu hadis dengan hadis lainnya.
Berdasarkan matan di atas, beberapa versi periwayatan hadis di atas tidak terdapat pertentangan antara satu dengan lainnya. Meskipun terdapat sedikit perbedaan pada matn yang dibawa oleh Daruquthniy dari Muhammad bin Makhlad dan dari Abu Bakar ath-Thalhiy Abdullah. Adapun unsur ‘illah dalam hadis tersebut seperti ziyadah, idraj, maqlub dan idhthirab tidak ditemukan pada jalur periwayatan yang tengah diteliti yakni jalur Ibn Majah dari Jamil bin Hasan. Namun demikian, tidaklah mempengaruhi terhadap maksud dan tujuan dari isi kandungan matn hadis tersebut.
3. Meneliti kandungan matan
Sebagaimana dijelaskan Arifuddin Ahmad, meneliti kandungan matan berarti meneliti kemungkinan ada atau tidaknya syadz dalam hadis tersebut. Adapun unsur-unsur kaedah minor syadz adalah pertentangannya muatannya dengan kandungan hadis yang lebih kuat, al-Quran atau akal dan fakta sejarah. Hadis di atas berbicara tentang ketentuan dan persyaratan dalam sebuah pernikahan.
Berdasarkan kandungan matn tersebut daptlah disimpulkan bahwa pernikahan tanpa wali adalah pernikahan yang batil. Pelakunya telah melakukan maksiat kepada Allah swt, dan berhak mendapatkan sanksi di dunia. Hanya saja syariat belum menetapkan bentuk dan kadar sanksi bagi orang-orang yang terlibat dalam pernikahan tanpa wali. Oleh karena itu, kasus pernikahan tanpa wali dimasukkan kedalam bab ta’zir, dan keputusan mengenai bentuk dan kadar sanksinya deserahkan sepenuhnya kepada seorang qadliy (hakim). Makna semacam ini dipertegas dan diperkuat oleh hadis yang diriwayatkan oleh Aisyah ra, bahwasanya Rasulullah saw pernah bersabda:
أَيُّما امْرَأَةٍ نُكِحَتْ بِغَيْرِ إِذْنِ وَلِيِّها فَنِكاحُها بَاطِلٌ[31]
Artinya: “Wanita mana pun yang menikah tanpa mendapat izin walinya, maka pernikahannya bathil; pernikahannya bathil”.
Dengan demikian, hadis yang berbicara tentang ketentuan dan persyaratan dalam sebuah pernikahantidak bertentangan dengan hadis lainnya sebagaimana dijelaskan di atas.
Dalil al-Qur’an yang berbicara tentang diharuskan adanya wali dalam perkawinan dapat kita ambil pada surat al-Baqarah ayat 221 Allah berfirman:
Ÿwur(#qßsÅ3Zs?ÏM»x.ÎŽô³ßJø9$#4Ó®Lym£`ÏB÷sãƒ4
Artinya: “Dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman[32]
Ibnu Katsir dalam kitab tafsirnya yang bernama Tafsir Ibnu Katsir, beliau menafsirkan ayat diatas sebagai berikut:
لا تزوج الرجال المشركين النساء المؤمنات
Artinya: “janganlah kalian (para wali) menikahkan laki-laki musyrik/kafir dengan wanita mukminah/muslimah[33]
Pernikahan baru akan sah jika dinikahkan oleh seorang wali. Wali hakim dapat menikahkan apabila telah memenuhi syarat sebagaimana mestinya. Bagi yang ingin menikah, baik dengan sirri atau resmi, meminta izin kepada wali itu wajib. Dan kewajiban wali untuk mengizinkan dan menikahkannya. Pabila wali tidak mengizinkan maka wali itu berdosa dan status menikahkan berpindah ke wali hakim.
Pernikahan didalam ketentuan syariat Islam itu tidaklah sulit. Oleh karena itu, berushalah untuk mengikuti aturan syariah Islam seperti yang telah disepakati oleh mayoritas Ulama dan hindari mencari pendapat minoritas yang ringan untuk menghindarkan diri dari sejumlah permasalahan yang nantinya akan timbul atau yang bertentangan dengan ketentuan syariat.
Dengan demikian, antara kandungan matan hadis berkenaan dengan kandungan ayat al-Qur’an yang telah disebutkan diatas dan sesuai dengan penafsiran yang ditafsirkan oleh Ibnu Katsir dalam kitab tafsirnya tersebut sejalan dengan maksud isi kandungan dari matn, tidak terdapat pertentangan diantara keduanya. Meskipun hadits ini berkualitas dhaif atau lemah, yang disebabkan oleh didapatinya perawi yang memiliki illah dalam jalur sanadnya.
III. KESIMPULAN

Dalam kutub tis’ah, terdapat dua hadis yang berbicara tentang perempuan yang menikahkan dirinya sendiri. Hadis tersebut tersebar dalam kitab hadis yakni Ibn Majah. Di luar kitab tersebut, ada beberapa kitab yang memuat hadis serupa yakni sunan  Ad-Daruqurtniy sebanyak tiga hadis, Sunan Kubra Baihaqiy sebanyak tiga hadis.
Berdasarkan hasil penelitian mengenai kualitas sanad dan matannya, penulis berkesimpulan bahwa hadis yang diteliti yakni hadis riwayat Tirmizi adalah dhaif.  
















Daftar Pustaka

Abu Abd Allah Muhammad bin Yazid al-Qazwini, Sunan Ibn Majah, Beirut: Dar al-Fikr, 1995.

Abu Abd Allah Muhammad bin Yazid al-Qazwini, Sunan Ibn Majah, Beirut: Dar al-Fikr, 1995.

Abu Abdullah Ahmad bin Muhammad bin Hanbal asy-Syaibaniy al-Wa’iliy, Musnad Imam Ahmad, Beirut: Dar Ihya’ al-Turatsi al-Arabiy, 1993.

Abu al-Fadhil Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Hajar al-Atsqalaniy, Tahdzib at-Tahdzib, Hindi: Muthaba’ah Da’irah al-Ma’arif al-Nadzamiah, 1326 H.

Abu al-Fadhil Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Hajar al-Atsqalaniy, Taqrib at-Tahdzib,Surya: Dar ar-Rasyid, 1406-1986.

Abu al-Fadhil Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Hajar al-Atsqalaniy, Taqrib at-Tahdzib, Surya: Dar ar-Rasyid, 1406-1986.

Abu al-Fida’i Ismail bin Amr bin Katsir al-Qursyi al-Bushiriy ad-Damasyqiy, Tafsir al-Quran al-Adzim (Ibnu Katsir), Bairut: Dar al-Kitab al-Ilmiah, 1419 H.

Abu Bakar Ahmad bin al-Husen bin ‘Ali, Sunan al-Kubara li al-Baihaqiy, Beirut: Dar an-Nasyr Dar al- Abu Bakar Ahmad bin al-Husen bin ‘Ali, Sunan al-Kubara li al-Baihaqiy, Beirut: Dar an-Nasyr Dar al-Fikr, 1996.

Abu Muhammad Abd al-Hadi, Thuruq Takhrij Hadis Rasul Allah Shalla Allah ‘Alaihi wa Sallam, Dar al-‘Itisham,:tth

Ahmad bin ‘Ali bin Hajar Syihab al-Din al-‘Asqalani al-Syafi’I, Tahdzib al-Tahdzib, al-Hindi: Dairah al-Ma’arif al-Nizamiat al-Kalimat, 1327 H.

Ali bin Umar bin Ahmad bin Mahdiy, Abu al-Hasan ad-Daru Quthniy as-Syafi’iy, Sunan Ad-Daruqurtniy  Bairut: Dar al-Kitab al-Ilmiyah, 2003.

Ali bin Umar bin Ahmad bin Mahdiy, Abu al-Hasan ad-Daru Quthniy as-Syafi’iy, Sunan Ad-Daruqurtniy Bairut: Dar al-Kitab al-Ilmiyah, 2003

Ali bin Umar bin Ahmad bin Mahdiy, Abu al-Hasan ad-Daru Quthniy as-Syafi’iy, Sunan Ad-Daruqurtniy Bairut: Dar al-Kitab al-Ilmiyah, 2003

Al-Quran dan Terjemah (Al-Baqarah 02:221)

Arif halim, metodologi tahqiq hadis secara mudah dan munasabah, Malaysia: univ. sains,2007.

Arifuddin Ahmad, Paradigma Baru Memahami Hadis Nabi: Refleksi Pemikiran Pembaruan Prof. Dr. Muhammad Syuhudi Ismail, Jakarta: MSCC, 2005

Ibn Hajar al-Asqalani, al-Ishabah fi Tamyiz al-Shahabah,Beirut: Dar al-Jail, 1992.

M. Agus Solahudin, M.Ag., dan Agus Suyadi, Lc. M.Ag., Ulumul Hadis, Bandung: Pustaka Setia, 2008

M. Syuhudi Ismail, Metodologi Penelitian Hadis Nabi, Jakarta: Bulan Bintang, 1992

Muhammad Jamal al-Din al-Qasimi, Qawa’id al-Tahdits min Funun Mushthalah al-Hadis, Mesir: ‘Isa al-Babiy al-Halabiy, 1971

Shalahuddin Ahmad al-Adhlaby, Manhaj Naqd al-Matan ‘inda’ Ulami al-Hadis al-Nabawiy, Beirut: Dar al-Afaq al-Jadidah,




[1]Arief Halim, Metodologi Tahqiq Hadis Secara Mudah dan Munasabah, (Malaysia: Univ. Sains Malaysia, 2007), 41.
[2]Abu Muhammad Abd al-Hadi, Thuruq Takhrij Hadis Rasul Allah Shalla Allah ‘Alaihi wa Sallam, (ttp: Dar al-‘Itisham, tth), h. 10.
[3]M. Syuhudi Ismail, Metodologi Penelitian Hadis Nabi, (Jakarta: Bulan Bintang, 1992), Cet. I, h. 44. 
[4]. Ibid, h. 24. M. Syuhudi Ismail kemudian meringkaskan metode takhrij tersebut melalui dua cara yakni takhrij bi alfazh dan takhrij bi al-maudhu’. Llihat, M. Syuhudi Ismail, Metodologi Penelitian Hadis Nabi, (Jakarta: Bulan Bintang, 1988), h. 46.
[5]Abu Abd Allah Muhammad bin Yazid al-Qazwini, Sunan Ibn Majah, (Beirut: Dar al-Fikr, 1995), Juz. I, h. 605.
[6] Ali bin Umar bin Ahmad bin Mahdiy, Abu al-Hasan ad-Daru Quthniy as-Syafi’iy, Sunan Ad-Daruqurtniy (Bairut: Dar al-Kitab al-Ilmiyah, 2003)., vol. 4., h. 325.
[7] Ali bin Umar bin Ahmad bin Mahdiy, Abu al-Hasan ad-Daru Quthniy as-Syafi’iy, Sunan Ad-Daruqurtniy (Bairut: Dar al-Kitab al-Ilmiyah, 2003)., vol. 4., h. 325.
[8] Ali bin Umar bin Ahmad bin Mahdiy, Abu al-Hasan ad-Daru Quthniy as-Syafi’iy, Sunan Ad-Daruqurtniy (Bairut: Dar al-Kitab al-Ilmiyah, 2003)., vol. 4., h. 326.
[9]Abu Bakar Ahmad bin al-Husen bin ‘Ali, Sunan al-Kubara li al-Baihaqiy, (Beirut: Dar an-Nasyr Dar al-Fikr, 1996)., vol. 7, h. 177
[10]Abu Bakar Ahmad bin al-Husen bin ‘Ali, Sunan al-Kubara li al-Baihaqiy, (Beirut: Dar an-Nasyr Dar al-Fikr, 1996)., vol. 7, h. 178.
[11]Abu Bakar Ahmad bin al-Husen bin ‘Ali, Sunan al-Kubara li al-Baihaqiy, (Beirut: Dar an-Nasyr Dar al-Fikr, 1996)., vol. 7, h. 177.
[12]. Muhammad ‘Ajaj al-Khatib, Ushul al-Hadis …, h. 367.
[13]. Ibid, h. 170. 
[14]Abu Abd Allah Muhammad bin Yazid al-Qazwini, Sunan Ibn Majah, (Beirut: Dar al-Fikr, 1995), Juz. I, h. 605.
[15]. Menurut Shubhi Shalih, hadist shahih adalah hadis musnad yang bersambung sanadnya dengan perawi yang adil lagi dhabit dari perawi yang adil lagi dhabit pula. Semua perawi tersebut sampai kepada Nabi atau sahabat atau tabi’in dan tidak terdapat syadz serta illah. Lihat, Shubhi Shalih, ‘Ulum al-Hadis wa Mushthalahuh, (Beirut: Dar al-‘Ulum li al-Malayin, 1988), h. 145.
[16] Drs. M. Agus Solahudin, M.Ag., dan Agus Suyadi, Lc. M.Ag., Ulumul Hadis, (Bandung: Pustaka Setia, 2008)., h. 246-247.
[17]Ahmad bin ‘Ali bin Hajar Syihab al-Din al-‘Asqalani al-Syafi’I, Tahdzib al-Tahdzib, (al-Hindi: Dairah al-Ma’arif al-Nizamiat al-Kalimat, 1327), juz IX, h. 531
[18] Abu al-Fadhil Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Hajar al-Atsqalaniy, Tahdzib at-Tahdzib, (Hindi: Muthaba’ah Da’irah al-Ma’arif al-Nadzamiah, 1326 H)., J. 2., h. 435-436.

[19]Abu al-Fadhil Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Hajar al-Atsqalaniy, Tahdzib at-Tahdzib, (Hindi: Muthaba’ah Da’irah al-Ma’arif al-Nadzamiah, 1326 H)., J. 9. H. 435-436.
[20]Abu al-Fadhil Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Hajar al-Atsqalaniy, Taqrib at-Tahdzib, (Surya: Dar ar-Rasyid, 1406-1986)., J. 1, h. 572.
[21]Abu al-Fadhil Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Hajar al-Atsqalaniy, Taqrib at-Tahdzib, (Surya: Dar ar-Rasyid, 1406-1986)., J. 1, h. 483.
[22]Ibn Hajar al-Asqalani, al-Ishabah fi Tamyiz al-Shahabah, (Beirut: Dar al-Jail, 1992), jld. I, h. 425
[23]Muhammad Jamal al-Din al-Qasimi, Qawa’id al-Tahdits min Funun Mushthalah al-Hadis, (Mesir: ‘Isa al-Babiy al-Halabiy, 1971), h. 130
[24]M. Syuhudi Ismail,  Metodologi Penelitian …, h. 121
[25]Arifuddin Ahmad, Paradigma Baru Memahami Hadis Nabi: Refleksi Pemikiran Pembaruan Prof. Dr. Muhammad Syuhudi Ismail, (Jakarta: MSCC, 2005), h. 108.
[26]Shalahuddin Ahmad al-Adhlaby, Manhaj Naqd al-Matan ‘inda’ Ulami al-Hadis al-Nabawiy, (Beirut: Dar al-Afaq al-Jadidah, t.th.), h. 238; Bandingkan dengan pendapat al-Khatib al-Baghdadi, al-Kifayah fi ‘Ilmi al-Riwayah,  (Mesir: al-Mathba’ah al-Sa’adah, 1972), h. 206-207.
[27]Idraj adalah tambahan  yang diberikan oleh salah seorang rawi baik oleh generasi sahabat maupun sesudahnya, yang tambahan tersebut bersambung dengan matan hadis asli yang berasal dari Rasulullah. Penambahan tersebut dapat terjadi pada permulaan, pertengahan maupun akhir dari suatu matan dan biasanya merupakan penafsiran atau keterangan-keterangan kandungan hukum untuk kata-kata atau pernyataan dari bagian matan tertentu yang dikemukakan oleh rawi tertentu. Lihat, Nuruddin ‘Itr, Manhaj al-Naqd fi ‘Ulum al-Hadis, (Beirut: Dar al-Fikr, 1988), h. 440.  
[28]Secara bahasa, kata ziyadah berarti tambahan. Menurut istilah ilmu hadis, ziyadah pada matan adalah tambahan lafazh atau kalimat  yang terdapat pada matan yang ditambahkan oleh rawi tertentu, sementara rawi lain tidak mengemukakannya. Nuruddin ‘Itr, Manhaj al-Naqd fi ‘Ul­m al-Hadis, diterjemahkan oleh Mujiyo dengan judul ‘Ulum al-Hadis 2, (Cet. II; Bandung: Rosda Karya, 1997), h. 230.
[29]Hadis disebut maqlub maksudnya hadis yang terjadi pemutarbalikan pada redaksi hadis, yang dilakukan oleh seorang rawi baik disengaja maupun tidak. Indikasi adanya pemutarbalikan itu terlihat pada: 1) seorang rawi mendahulukan suatu matan hadis yang seharusnya diletakkan pada akhir matan atau sebaliknya; 2) seorang rawi menjadikan suatu matan hadis (yang sudah jelas sanadnya) ditempatkan pada sanad yang lain. Mahmud Thahan, Taysir Mushthalah al-Hadis, (Beirut: Dar al-Fikr, 1985), h. 108.
[30]Arifuddin Ahmad, Paradigma Baru …, h. 109
[31] Abu Abdullah Ahmad bin Muhammad bin Hanbal asy-Syaibaniy al-Wa’iliy, Musnad Imam Ahmad, (Beirut: Dar Ihya’ al-Turatsi al-Arabiy, 1993)., Juz 7. H. 98.
[32] Al-Quran dan Terjemah (Al-Baqarah 02:221)
[33] Abu al-Fida’i Ismail bin Amr bin Katsir al-Qursyi al-Bushiriy ad-Damasyqiy, Tafsir al-Quran al-Adzim (Ibnu Katsir), (Bairut: Dar al-Kitab al-Ilmiah, 1419 H) h. 337.

2 komentar:

  1. Boleh Minta FIle utuhnya?
    kalo boleh kirim via email
    hafizhin67@gmail.com

    BalasHapus
  2. Situs Judi Slot Online Gacor Terpercaya & Terbaik 2021
    Selain itu untuk semua situs choegocasino slot online terpercaya yang septcasino menyediakan berbagai 인카지노 permainan judi online yang menyediakan berbagai pemain judi slot

    BalasHapus